Berikut Hubungan Antara Ciri Ilmu Sosiologi Empiris Dengan Penelitian Sosial….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

berikut hubungan antara ciri ilmu sosiologi empiris dengan penelitian sosial….
a. penelitian harus dilakukan dengan sistematis hingga tercapai tujuan efektif
b. untuk mencari tau gejala sebenarnya di masyarakat perlu diadakan penelitian
c. dalam melakukan penelitian tidak diperbolehkan menjudge suatu gejala sosial
d. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori yang sudah lama
e. agar dapat dipertanggungjawabkan maka harus banyak literaturnya

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah:
B. Untuk mencari tahu gejala sebenarnya di masyarakat perlu diadakan penelitian

Penjelasan:

Sosiologi adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial, termasuk perubahan sosial. Sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan memiliki beberapa ciri atau karakteristik salah satunya bersifat empiris. Sosiologi bersifat empiris berarti bahwa ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap kenyataan dan akal sehat serta hasilnya tidak bersifat spekulatif. Dalam mengungkap sebuah fenomena atau gejala sosial di masyarakat, sosiologi menggunakan metode penelitian ilmiah yang sistematis, berdasarkan pada observasi dan akal sehat sehingga hasil analisis yang didapatkan bersifat objektif dan tidak bersifat spekulatif. Melalui penelitian sosial, sosiologi mengungkap fakta atau kenyataan yang sebenarnya di lapangan dari sebuah fenomena atau gejala sosial yang terjadi di masyarakat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa hubungan antara ilmu sosiologi yang bersifat empiris dengan penelitian sosial adalah sosiologi menggunakan metode penelitian sosial untuk mencari tahu gejala yang sebenarnya di masyarakat. Oleh karena itu, opsi jawaban yang tepat adalah opsi B.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment