Buatlah Perbandingan Dari Beberapa Sifat Pergerakan Nasional Dari Tahun 1900-an Hingga Tahun 1930-an!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Buatlah perbandingan dari beberapa sifat pergerakan nasional dari tahun 1900-an hingga tahun 1930-an!

Jawaban:

Jawaban: Pergerakan Nasional di tahun 1900-an lebih bersifat sosial-budaya dan koperatif terhadap pemerintah kolonial Belanda. Sedangkan tahun 1930-an, Pergerakan Nasional bersifat politik yang mengarah kepada radikal dan moderat.

Penjelasan:

Selama masa awal pergerakan nasional, sifat dan arah organisasi saat itu masih bersifat kooperatif terhadap pemerintahan Belanda karena dianggap sebagai masa penyesuaian arah organisasi di Indonesia. Budi Utomo misalnya, organisasi ini berdiri pada tahun 1908 bersifat kooperatif dan bergerak di bidang sosial-pendidikan-budaya. Baru pada tahun 1912, organisasi mulai berani menunjukkan arah perjuangan yakni kemerdekaan. Hal ini ditandai dengan munculnya organisasi Indische Partij berhaluan politik dan radikal.

Indische Partij menginspirasi munculnya organisasi radikal lainnya seperti PNI yang terbentuk pada 1927. Banyaknya organisasi yang bersifat radikal dan bergerak di bidang politik dianggap berbahaya oleh Belanda. Akhirnya pemerintah kolonial mulai melakukan tindakan tegas dengan menangkap para pemimpin organisasi dan membubarkan organisasi tersebut. Kebanyakan dari pemimpin ini akan diasingkan sehingga kondisi organisasi menjadi tidak stabil. Mengatasi hal tersebut, sejak tahun 1930-an sifat organisasi berubah menjadi moderat atau mau bekerja sama dengan pemerintah Belanda.

Dengan demikian, beberapa sifat Pergerakan Nasional di tahun 1900 masih koperatif dan bergerak ke sosial-budaya. Sedangkan, tahun 1930-an sudah bertindak radikal dan moderat dengan tujuan politik dan kemerdekaan Indonesia.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment