Burung pelatuk mematuk-matuk kayu untuk mendapatkan larva kumbang yang ada di dalam batang tumbuhan tersebut adalah merupakan bentuk

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Burung pelatuk mematuk-matuk kayu untuk mendapatkan larva kumbang yang ada di dalam batang tumbuhan tersebut adalah merupakan bentuk ……
(A) adaptasi morfologi
(B) adaptasi fisiologis
(C) adaptasi tingkah laku
(D) divergensi
(E) konvergensi

Jawaban:

(C) adaptasi tingkah laku

Penjelasan:

Adaptasi adalah cara organisme dalam mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang bisa beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan). Organisme juga bisa mempertahankan hidup dari musuh alaminya serta bereproduksi. Organisme yang bisa beradaptasi akan mampu merespon perubahan yang terjadi di sekitarnya dan bisa bertahan hidup di lingkungan tersebut, sedangkan yang tidak mampu beradaptasi akan menghadapi kepunahan atau kelangkaan jenis.

Terdapat 3 jenis adaptasi yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkat laku. Adaptasi tingkah laku merupakan perilaku hewan tertentu yang dilakukan untuk menyesuaikan diri ataupun bertahan hidup. Contohnya gurita dan cumi-cumi melakukan mimikri, beruang hibernasi saat musim dingin dan burung pelatuk mematuk-matuk kayu untuk mendapatkan larva kumbang.

Jadi, jawaban yang benar adalah (C) adaptasi tingkah laku

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment