but he is not stingy, he often…. us dinner if we have to work overtime.(treat)

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

but he is not stingy, he often…. us dinner if we have to work overtime.(treat)

Jawaban:

treats.

Penjelasan:

Soal meminta untuk melengkapi bagian rumpang kalimat dengan menyesuaikan bentuk kata kerja yang ada dalam tanda kurung, yaitu treat.

Terjemahan dari kalimat dalam soal tersebut adalah: “Tapi dia tidak pelit, dia sering ____ jika kami harus bekerja lembur.” Terjemahan dari kata yang ada dalam tanda kurung adalah “mentraktir”.

Dilihat dari adanya kata “is” dalam frasa “but he is not stingy”, dapat disimpulkan bahwa kalimat ini sedang mendeskripsikan seseorang dengan menggunakan kalimat Simple Present Tense. Selain itu, terdapat juga kata “if” yang menunjukkan adanya pengandaian (conditional).

Dilihat dari pola if clause-nya, yaitu if + Subject + Verb 1 + Object/Complement, dan bagian dari main clause-nya yang menunjukkan kebiasaan “often” yang adalah fakta, maka dapat disimpulkan bahwa kalimat tersebut menggunakan conditional type 0. Pola kalimat conditional type 1 adalah: Main clause (Simple Present Tense) + if + Conditional Clause (Simple Present Tense).

Kita perlu melengkapi bagian main clause yang memiliki pola Simple Present Tense. Karena subjeknya adalah he (orang ketiga tunggal), maka kata kerja “treat” yang digunakan memerlukan akhiran -s, menjadi “treats”. Sehingga kalitnya menjadi: But he is not stingy, he often treats us dinner if we have to work overtime.

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment