Cermati Paragraf Berikut.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Cermati paragraf berikut.
(1) Sejak abad delapan belas, perdagangan antarpulau dan antardesa sudah berkembang dengan jayanya di nusantara. (2) Bahkan, perdagangan itulah yang menjadi tali persatuan nusantara, bukan serdadu atau pemusatan kekuasaan. (3) Perdagangan itu yang mendorong rasa berbangsa dan menjelmakan bahasa persatuan dengan huruf yang sama dan kalender sama. (4) Bahkan, mampu mendorong tatanan hidup bermasyarakat yang multikultur di kota-kota pelabuhan dan kota-kota besar di pedalaman. (5) Tentu saja para penjajah tidak alpa menindas kehidupan perdagangan antardaerah, antarsuku, dan antardesa demi kepentingan hak monopoli perdagangan mereka.

Kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama tersebut adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Penjelasan:

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis kalimat efektif.
1. Kehematan kata: kata yang digunakan dalam kalimat harus cermat, tidak boros, dan harus berhati-hati baik secara penggunaan kata maupun makna.
2. Ketepatan: informasi yang disampaikan harus sesuai dengan sasaran dan tidak menimbulkan makna ganda (ambigu), tidak jelas, dan membingungkan pembaca.
3. Kejelasan struktur: struktur dalam kalimat harus jelas dan lengkap strukturnya, minimal terdiri dari subjek dan predikat sehingga pembaca lebih mudah memahami isi dari kalimat tersebut.
4. Kesejajaran: struktur yang digunakan dalam kalimat harus paralel, sama, atau sederajat.
5. Ketegasan: informasi yang disampaikan dalam kalimat merupakan informasi inti saja, tidak berbelit, dan disampaikan secara sederhana.

Teks tersebut membahas mengenai perdagangan antarpulau dan antardesa di nusantara. Kalimat yang tidak padu dengan kalimat utama adalah (4) “Bahkan, mampu mendorong tatanan hidup bermasyarakat yang multikultur di kota-kota pelabuhan dan kota-kota besar di pedalaman.” Kalimat tersebut membahas mengenai dorongan tatanan hidup bermasyarakat, sedangkan kalimat utama membahas mengenai perdagangan antarpulau dan antardesa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment