Cermati Ulasan Berikut.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Cermati ulasan berikut.
(1) Membaca Burung-Burung Manyar sesungguhnya membaca dan mengarungi pemikiran-pemikiran Y.B. Mangunwijaya berkaitan persoalan-persoalan nasionalisme. (2) Mengisyaratkan kita bahwa nasionalisme sebagai sebuah konsep merupakan sebuah paradigma terbuka yang memiliki peluang untuk selalu ditafsirkan dan dimaknai kembali. (3) . . . (4) Namun, akan diperkaya, dimaknai kembali, diperluas horizonnya, dan ditambah dimensinya.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi ulasan tersebut adalah …
A. Nasionalisme tidak hilang, seperti dikhawatirkan banyak orang.
B. Nasionalisme tidak hilang, tetapi mulai pudar seperti dikhawatirkan banyak orang.
C. Nasionalisme tidak hilang, tetapi berkurang seperti dikhawatirkan banyak orang.
D. Nasionalisme tidak hilang, tetapi akan punah seperti dikhawatirkan banyak orang.
E. Nasionalisme tidak hilang, tetapi menipis seperti dikhawatirkan banyak orang.

Jawaban:

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah A.

Penjelasan:

Teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan, komentar atau ungkapan dalam menilai suatu karya seperti buku, novel, lagu, dan film. Teks ulasan biasa dijadikan bahan pertimbangan oleh pembaca sebelum membaca suatu karya.

Ulasan tersebut membahas tentang novel Burung-Burung Manyar karya Y.B. Mangunwijaya. Kalimat yang tepat untuk melengkapi ulasan tersebut adalah “Nasionalisme tidak hilang, seperti dikhawatirkan banyak orang.” Kalimat tersebut tepat karena kalimat selanjutnya menggunakan konjungsi ‘namun’ yang menyatakan pertentangan. Hal yang bertentangan adalah nasionalisme yang dikhawatirkan hilang, tetapi nayatkanya akan diperkaya, dimaknai kembali, dan ditambah dimensinya,

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment