Cermatilah Teks Berikut Untuk Menjawab Soal Nomor 16-20.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Cermatilah teks berikut untuk menjawab soal nomor 16-20.

(1) Entah Anda berkeringat karena *jogging* ataupun karena aktivitas harian, keringat yang keluar itu memberi manfaat kesehatan yang mungkin tidak Anda duga selama ini. (2) Anda sudah tahu bahwa keringat membantu mendinginkan suhu tubuh yang terlalu panas (karena cuaca atau aktivitas fisik). (3) Keringat juga membantu tubuh mengeluarkan racun.

(4) Penelitian dari University of Washington menemukan, bahwa keringat keluar bersama garam dan cenderung untuk mempertahankan kalsium di dalam tulang. (5) Jika tidak berkeringat, garam dan kalsium bersama-sama tetap ada di dalam tubuh lalu menuju ke ginjal dan membentuk batu ginjal. (6) Orang yang berkeringat juga cenderung minum air lebih banyak. (7) Hal ini adalah mekanisme lain mencegah pemlentukkan batu ginjal.

(Sumber: http: /healrh kompas com/read/2016/10/20/135100223/5.alasan.berkeringat baik.untuk.kesehatan diakses 20 Oktober 2016 pada pukul 19.00 WIB dengan sedikit pengubahan)

19. Kalimat yang tidak efektif dalam teks tersebut adalah …
A.(2)
B. (3)
C.(4)
D. (5)
E. (6)

Jawaban:

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah C.

Penjelasan:

Kalimat tidak efektif adalah kalimat yang susunan kalimatnya tidak mudah untuk dipahami dan tidak dapat memunculkan pesan yang lengkap dan jelas bagi pembaca atau pendengar.

Kalimat tidak efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1. Unsur kalimat yang tidak jelas/tidak memiliki subjek atau predikat.
2. Pemilihan diksi tidak tepat.
3. Penggunaan ejaan tidak sesuai PUEBI.
4. Tidak ada ide pokok dalam kalimat.
5. Pemborosan kata.

Dalam teks di atas, kalimat yang termasuk kalimat tidak efektif adalah “(4) Penelitian dari University of Washington menemukan, bahwa keringat keluar bersama garam dan cenderung untuk mempertahankan kalsium di dalam tulang.” Dalam kalimat tersebut kata ‘cenderung’ termasuk diksi yang tidak tepat. Kalimat tersebut memaparkan tujuan dari keringat yang keluar bersama garam. Oleh karena itu, kata ‘cenderung’ seharusnya diubah menjadi ‘bertujuan’. Selain itu, kesalahan dalam kalimat tersebut terletak pada penggunaan tanda koma sebelum ‘bahwa’.

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa yang termasuk kalimat tidak efektif adalah (4) Penelitian dari University of Washington menemukan, bahwa keringat keluar bersama garam dan cenderung untuk mempertahankan kalsium di dalam tulang karena memuat kata ‘cenderung’ yang termasuk pemilihan diksi tidak tepat dan kesalahan penggunaan tanda koma sebelum ‘bahwa’.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment