Ciri Ciri Fabel

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

ciri ciri fabel

Jawaban:

Ciri-ciri fabel, yaitu menggunakan tokoh hewan dalam penceritaannya; hewan dapat bertingkah seperti manusia; watak tokoh para hewan digambarkan ada yang baik dan buruk; menunjukkan penggambaran moral/unsur moral, karakter manusia, dan kritik tentang kehidupan di dalam ceritanya; penceritaannya yang pendek dan memiliki rangkaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat; konflik cerita fabel meliputi permasalahan dunia hewan yang menyerupai kehidupan manusia; menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami; ciri bahasa yang digunakan, kalimat naratif/peristiwa, kalimat langsung, dan menggunakan kata sehari-hari dalam situasi tidak formal; karakter yang digambarkan adalah karakter yang bertolak belakang, seperti karakter manusia yang lemah dan kuat; menggunakan latar alam.

Penjelasan:

Fabel adalah cerita berbentuk prosa fiksi dan tokoh utamanya adalah hewan yang bertindak seperti manusia.

Ciri-ciri fabel, yaitu:
1. Menggunakan tokoh hewan dalam penceritaannya.
2. Hewan dapat bertingkah seperti manusia (berbicara dan berpikir).
3. Watak tokoh para hewan digambarkan ada yang baik dan buruk (seperti manusia).
4. Menunjukkan penggambaran moral/unsur moral, karakter manusia, dan kritik tentang kehidupan di dalam ceritanya.
5. Penceritaannya yang pendek dan memiliki rangkaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat.
6. Konflik cerita fabel meliputi permasalahan dunia hewan yang menyerupai kehidupan manusia.
7. Menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami.
8. Ciri bahasa yang digunakan, kalimat naratif/peristiwa, kalimat langsung, dan menggunakan kata sehari-hari dalam situasi tidak formal.
9. Karakter yang digambarkan adalah karakter yang bertolak belakang, seperti karakter manusia yang lemah dan kuat.
10. Menggunakan latar alam (hutan, sungai, kolam, dll).

Dengan demikian, ciri-ciri fabel, yaitu menggunakan tokoh hewan dalam penceritaannya; hewan dapat bertingkah seperti manusia; watak tokoh para hewan digambarkan ada yang baik dan buruk; menunjukkan penggambaran moral/unsur moral, karakter manusia, dan kritik tentang kehidupan di dalam ceritanya; penceritaannya yang pendek dan memiliki rangkaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat; konflik cerita fabel meliputi permasalahan dunia hewan yang menyerupai kehidupan manusia; menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami; ciri bahasa yang digunakan, kalimat naratif/peristiwa, kalimat langsung, dan menggunakan kata sehari-hari dalam situasi tidak formal; karakter yang digambarkan adalah karakter yang bertolak belakang, seperti karakter manusia yang lemah dan kuat; menggunakan latar alam.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment