Ciri-ciri Pancasila Sebagai Ideologi

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Ciri-ciri Pancasila sebagai ideologi

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah sesuai dengan kebudayaan masyarakat, berasal dari masyarakat, dan lainnya.

Penjelasan:

Ada dua jenis ideologi di dunia ini, yaitu ideologi terbuka dan ideologi tertutup. Indonesia sendiri menganut sistem ideologi terbuka dengan Pancasila sebagai dasar negara kita.

Ideologi terbuka berarti gagasan atau pandangan yang bersifat dinamis, fleksibel dan tidak kaku sehingga terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Jenis ideologi ini lahir karena adanya nilai-nilai dalam masyarakat yang bisa memenuhi cita-cita mereka tapi tetap relevan dengan perkembangan atau tuntutan zaman.

Ciri-ciri Pancasila sebagai ideologi:
1. Sesuai dengan Kebudayaan Masyarakat
Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam dalam masyarakatnya. Dasar negara kita, yaitu Pancasila mencerminkan ciri-ciri ideologi terbuka yang pertama ini bila dilihat dari sila-silanya.
2. Berasal dari Masyarakat
Ideologi terbuka lahir dan berasal dari masyarakat dan hadir dalam setiap kelompok di dalamnya. Semua gagasan atau pandangan yang luhur terhadap lingkungan ini melahirkan sebuah ideologi negara. Nantinya, ideologi ini akan digunakan dalam menjalankan sistem kemasyarakatan, seperti politik, ekonomi, dan struktur sosial.
3. Bersifat Dinamis
Ciri yang ketiga adalah bersifat dinamis, karena masyarakat Indonesia akan selalu bersifat dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Orang Indonesia pada zaman kemerdekaan belum tentu memiliki pemikiran yang sama dengan masyarakat zaman sekarang.
4. Ada Kebebasan Berpendapat
Ideologi terbuka selalu memberikan masyarakatnya kesempatan untuk berbicara dan bertindak demi mengekspresikan pendapatnya. Sila keempat dalam Pancasila memenuhi ciri-ciri ideologi terbuka ini.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah sesuai dengan kebudayaan masyarakat, berasal dari masyarakat, dan lainnya.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment