Ciri Khas Jaringan Epidermis,parenkim,dan Kolenkim Pada Organ Tumbuhan

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

ciri khas jaringan epidermis,parenkim,dan kolenkim pada organ tumbuhan

Jawaban:

Jaringan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu jaringan meristem, jaringan epidermis, jaringan dasar (parenkim), jaringan penguat atau penyokong, dan jaringan pengangkut. Jaringan epidermis merupakan jaringan terluar yang dapat ditemukan pada tumbuhan.

Berikut merupakan ciri-ciri dari jaringan epidermis,parenkim,dan kolenkim:
1) Jaringan epidermis disebut juga sebagai jaringan pelindung, dikarenakan berfungsi melindungi jaringan yang ada di dalamnya. ciri-ciri jaringan epidermis adalah terdiri dari sel-sel yang hidup, memiliki sel-sel yang tersusun rapat dan tidak memiliki ruang antar sel, serta merupakan jaringan yang terletak paling luar.
2) Jaringan parenkim disebut juga sebagai jaringan dasar. Jaringan parenkim memiliki ciri-ciri tersusun atas kumpulan sel parenkim yang berdinding tipis serta memiliki ruang antar sel.
3) Jaringan kolenkim merupakan salah satu jenis jaringan penguat. Jaringan kolenkim memiliki ciri-ciri tersusun dari sel-sel yang hidup, memiliki sel yang berbentuk memanjang, dan mengalami penebalan dinding sel yang tidak merata.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment