Cochrane Dan Pain Menegaskan Bahwa Dalam Kaitannya Dengan Globalisasi, Terdapat Tiga Posisi Teoretis Yang Dapat Dilihat, Yaitu

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Cochrane dan Pain menegaskan bahwa dalam kaitannya dengan globalisasi, terdapat tiga posisi teoretis yang dapat dilihat, yaitu
A para globalis, para tradisionalis, dan para budayawan
B para globalis, para tradisionalis, dan para transformasionalis
C. para tradisionalis, para globalis, dan para budayawan
D. para globalis, para kulturalis, dan para transformasionalis
E. para globalis, para modernalis, dan para transformasionalis

Jawaban:

Jawabannya adalah B. Para globalis, para tradisionalis, dan para transformasionalis.

Penjelasan:

Globalisasi merupakan suatu proses hilangnya batas-batas antarnegara untuk melakukan interaksi dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Dalam kaitannya dengan globalisasi, Cochrane dan Pain menegaskan bahwa terdapat tiga posisi teoretis yang dapat dilihat, yaitu:
1. Para globalis. Kelompok yang percaya bahwa globalisasi adalah sebuah kenyataan yang memiliki konsekuensi nyata terhadap bagaimana orang dan lembaga di seluruh dunia berjalan. Mereka percaya bahwa negara-negara dan kebudayaan lokal akan hilang diterpa kebudayaan dan ekonomi global yang homogen.
2. Para tradisionalis. Kelompok yang tidak percaya bahwa globalisasi tengah terjadi. Mereka berpendapat bahwa fenomena ini adalah sebuah mitos semata, ataupun jika memang ada, terlalu dibesar-besarkan.
3. Para transformasionalis. Kelompok yang berada di antara para globalis dan tradisionalis. Mereka setuju bahwa pengaruh globalisasi telah sangat dilebih-lebihkan oleh para globalis. Namun, mereka juga berpendapat bahwa sangat bodoh jika kita menyangkal keberadaan konsep ini.

Dengan demikian, tiga posisi teoretis yang dapat dilihat dalam globalisasi menurut Cochrane dan Pain yaitu para globalis, para tradisionalis, dan para transformasionalis.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment