Contoh Tindakan Sewenang-wenang Yang Bertentangan Dengan Hak Asasi Manusia Adalah

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

contoh tindakan sewenang-wenang yang bertentangan dengan hak asasi manusia adalah
a. hakim memutuskan suatu perkara berdasarkan bukti-bukti
b. hakim memutuskan suatu perkara tanpa mendengarkan keterangan terdakwa
c. berkelahi di sekolah kemudian di beri sanksi oleh kepala sekolah
d. polisi memberi tilang kepada pengemudi yang tidak membawa SIM
e. pemerintah melarang kebebasan yang tidak bertanggung jawab

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah: b. hakim memutuskan suatu perkara tanpa mendengarkan keterangan terdakwa.

Hak asasi manusia berkaitan dengan hak dasar (basic rights) yang merupakan hak yang menjadi prioritas mutlak dalam masyarakat nasional maupun internasional yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan manusia baik dalam arti material maupun non-material.

Hak-hak tersebut antara lain hak hidup, hak atas keamanan minimum, hak untuk tidak diganggu, bebas dari perbudakaan dan perhambaan, bebas dari penyiksaan, pengurangan kebebasan yang tidak berdasar hukum, diskriminasi dan tindakan lain yang mengurangi martabat manusia.

Hak asasi manusia di Indonesia tertulis dalam UU No. 39 Tahun 1999 yang berbunyi HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

HAM meliputi hak asasi pribadi, hak asasi ekonomi, hak asasi politik, hak asasi sosial dan kebudayaan, hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan, serta hak asasi manusia untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan.

Maka jika seorang hakim memutuskan suatu perkara tanpa mendengarkan keterangan terdakwa, maka itu merupakan kesewenang-wengangan dan melanggar hak asasi manusia yaitu hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan tatacara peradilan.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment