Cv Manokara Merupakan Perusahaan Kecil Yang Menghasilkan Barang Yang Sama Persis Dengan Barangbarang Sejenis Yang Diproduksi Oleh Perusahaanperusahaan Lainnya Dalam Satu Industri. Perusahaan Tersebut Memproduksi Sebanyak 750 Unit Dengan Biaya Total Rp7.500.000,00 Dan Biaya Tetap Rata-rata Rp3.000,00 Diperoleh Penerimaan Total Sebesar Rp8.250.000,00. Pada Saat Itu Perusahaan Memperoleh Laba Maksimum.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

CV Manokara merupakan perusahaan kecil yang menghasilkan barang yang sama persis dengan barangbarang sejenis yang diproduksi oleh perusahaanperusahaan lainnya dalam satu industri. Perusahaan tersebut memproduksi sebanyak 750 unit dengan biaya total Rp7.500.000,00 dan biaya tetap rata-rata Rp3.000,00 diperoleh penerimaan total sebesar Rp8.250.000,00. Pada saat itu perusahaan memperoleh laba maksimum.
Pada jangka panjang, CV Manokara akan .. .
(A) menderita rugi karena merupakan perusahaan kecil
(B) bisa menjadi perusahaan yang besar karena dapat meningkatkan labanya
(C) hanya memperoleh laba normal
(D) memperoleh laba sebesar Rp750.000,00
(E) memperoleh laba super normal bila berproduksi pada saat MR = MC

Jawaban:

Jawabannya adalah C, ya.

Penjelasan:

Berdasarkan informasi yang tersedia, CV Manokara berada dalam struktur pasar persaingan sempurna. Hal ini ditunjukkan pada kalimat pertama dalam soal di atas.

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu karakteristik pasar persaingan sempurna adalah free entry and exit, sehingga mengakibatkan setiap perusahaan dalam jangka panjang hanya memperoleh laba normal, yaitu kondisi ketika profit = 0.

Dengan demikian, CV Manokara dalam jangka panjang hanya memperoleh laba normal, ya.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment