Dalam Buku Peta Sumber Dan Bahaya Gempa Indonesia Tahuh 2017 Disebutkan Bahwa Di Samudra Hindia Selatan Jawa Terdapat 3 Segmentasi Megathrust, Yaitu Segmen Jawa Timur, Segmen Jawa Tengah-jawa Barat, Dan Segmen Banten-selat Sunda. Ketiga Segmen Megathrust Ini Memiliki Magnitudo Tertarget 8, 7. Meskipun Demikian, Jika Skenario Model Dibuat Dengan Asumsi 2 Segmen Megathrust Yang “bergerak” Secara Simultan, Magnitudo Gempa Yang Dihasilkan Bisa Lebih Besar Dari 8, 7.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Dalam buku Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia tahuh 2017 disebutkan bahwa di Samudra Hindia selatan Jawa terdapat 3 segmentasi megathrust, yaitu segmen Jawa Timur, segmen Jawa Tengah-Jawa Barat, dan segmen Banten-Selat Sunda. Ketiga segmen megathrust ini memiliki magnitudo tertarget 8, 7. Meskipun demikian, jika skenario model dibuat dengan asumsi 2 segmen megathrust yang “bergerak” secara simultan, magnitudo gempa yang dihasilkan bisa lebih besar dari 8, 7.
Besarnya magnitudo gempa yang disampaikan tersebut adalah potensi skenario terburuk (worst case) bukan prediksi yang akan terjadi da1am waktu dekat sehingga kapan terjadinya tidak ada satu pun orang yang tahu. Untuk itu, dalam ketidakpastian kapan terjadinya, kita semua harus melakukan upaya mitigasi. Upaya mitigasi yang optimal dapat meminimalisasi jatuhnya korban jiwa.
Hasil pengawasan BMKG menunjukkan bahwa zona megathrust selatan Jawa memang sangat aktif yang tampak dalam peta aktiviti kegempaannya (seismik). Dalam catatan sejarah, sejak tahun 1700 zona megathrust selatan Jawa sudah beberapa kali terjadi aktivitas gempa besar (major earthquake) dan dahsyat (great earthquake). Gempa besar dengan magnitudo antara 7,0 dan 7,9 yang bersumber di zona megathrust selatan Jawa sudah terjadi sebanyak 8 kali, yaitu tahun 1903 (7 ,9), 1921 (7,5), 1937 (7,2), 1981 (7,0), 1994 (7,6), 2006 (7,8), dan 2009 (7,3). Sementara itu, gempa dahsyat dengan magnitudo 8,0 atau lebih besar yang bersumber di zona megathrust selatan Jawa sudah terjadi 3 kali, yaitu tahun 1780 (8,5), 1859 (8,5), dan 1943 (8,1). Untuk gempa dengan kekuatan 9,0 atau lebih besar di selatan Jawa belum tercatat dalam katalog sejarah gempa.
Sumber: https://teknologl.bisnis.com/reod/20200927/84/1297177/mengenal-gempa-megathrust-yang-disebut-sebagai-pemicu -tsunaml-20-meter

Kata segmen pada kutipan teks di atas memiliki makna yang sama dengan kata ….
A. zona
B. seismik
C. magnitudo
D. mitigasi
E. megathrust

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah A. Zona.

Penjelasan:

Untuk mencarai makna kata, kamu dapat menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata segmen adalah bagian; zona.

Berdasarkan penjelasan di atas, kata segmen pada kutipan teks di atas memiliki makna yang sama dengan kata zona.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment