Dalam Kehidupan Masyarakat Majemuk, Perbedaan Etnis, Ras, Dan Agama Sering Menimbulkan Konflik. Akan Tetapi, Ketika Masyarakat Tersebut Diremehkan Oleh Pihak Lain, Mereka Bisa Bersatu Untuk Melawarmya . Dengan Kata Lain, Integrasi Sosial Terjadi Apabila ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Dalam kehidupan masyarakat majemuk, perbedaan etnis, ras, dan agama sering menimbulkan konflik. Akan tetapi, ketika masyarakat tersebut diremehkan oleh pihak lain, mereka bisa bersatu untuk melawarmya . Dengan kata lain, integrasi sosial terjadi apabila ….
(A) Ada unsur-unsur kebudayaan berbeda-beda
(B) Ada musuh bersama yang dihadapi masyarakat
(C) Kurangnya sikap saling menghargai satu sama lain
(D) Hilangnya keseimbangan dalam bidang ekonomi
(E) Tidak ada toleransi pada kelompok

Jawaban:

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Ada musuh bersama yang dihadapi masyarakat.

Penjelasan:

Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi. Dalam kehidupan masyarakat majemuk, perbedaan etnis, ras, dan agama sering menimbulkan konflik. Akan tetapi, ketika masyarakat tersebut diremehkan oleh pihak lain, mereka bisa bersatu untuk melawannya. Maka, integrasi sosial terjadi apabila terdapat musuh bersama yang dihadapi masyarakat.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment