Dalam konteks nasional, keterlibatan Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia dapat diartikan sebagai ?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Pengiriman Misi Garuda ke wilayah konflik merupakan bentuk nyata keterlibatan Indonesia dalam menyelesaikan konflik-konflik di berbagai belahan dunia. Dalam konteks nasional, keterlibatan Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia dapat diartikan sebagai….

a. media komunikasi antarnegara untuk menyelesaikan konflik yang sedang terjadi.

b. penegasan pemerintah untuk melindungi dan mempertahankan kemerdekaan negara.

c. kontribusi negara dalam upaya mencapai perdamaian dan menyelesaikan konflik antarnegara.

d. sarana peningkatan profesionalisme negara dalam penyelenggaraan operasi internasional

e. bentuk kontribusi negara dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional

Jawaban:

e. bentuk kontribusi negara dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional

Penjelasan:

Setelah Indonesia merdeka yaitu pada tahun 1948, mulai keluar konsep politik luar negeri bebas aktif yang dicetuskan Bung Hatta, dengan latar belakang munculnya 2 kekuatan politik dunia yaitu AS dan Soviet. Politik Indonesia bebas aktif artinya Indonesia dapat secara bebas menentukan sikap dan kebijaksanaannya sendiri dalam menghadapi permasalahan internasional dan tidak mengikatkan diri pada kekuatan mana pun dalam rangka menjaga perdamaian dunia. Salah satu perwujudan dari politik luar negeri bebas aktif adalah dengan membentuk Misi Garuda di bawah naungan PBB. Kontingen Garuda adalah pasukan penjaga perdamaian di negara-negara yang sedang berkonflik, anggotanya diambil dari militer Indonesia yang bertugas dibawah naugan DK PBB. Pasukan Misi Garuda terdiri dari tentara, kepolisian, dan sipil Indonesia yang dikenal dengan nama Kontingen Garuda. Misi pertama dimulai pada tahun 1957, Kontingen Garuda I, dikirim pada 8 Januari 1957 ke Mesir yang sedang berkonflik.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment