daya tarik apa saja yang mendorong kedatangan bangsa bangsa barat ke Indonesia? Faktor pendorong apa saja yang menyebabkan bangsa-bangsa barat datang ke Indonesia?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

daya tarik apa saja yang mendorong kedatangan bangsa bangsa barat ke Indonesia?
Faktor pendorong apa saja yang menyebabkan bangsa-bangsa barat datang ke Indonesia?

Jawaban:

Daya tarik yang mendorong kedatangan bangsa barat ke Indonesia adalah sumber dari rempah-rempah, sedangkan faktor pendorongnya adalah keinginan mencari 3G, jatuhnya konstatinopel ke tangan Turki Utsamani, dan sebagainya.

Penjelasan:

Nusantara merupakan wilayah yang banyak didatangi oleh bangsa asing termasuk bangsa-bangsa Eropa, pada masa penjelajahan Eropa abad ke-15 sampai 16 mereka datang ke Nusantara didasari oleh:
1. Jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan Turki Usmani, sehingga terputusnya akses rempah-rempah ke Eropa
2. Ingin mencari tempat penghasil rempah-rempah, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi penghasil rempah-rempah terbesar.
4. Keinginan Eropa dalam Semangat 3 G yakni Gold (kekayaan), Glory (kejayaan) dan Gospel (menyebarkan agama kristen)
5. Membuktikan teori bumi itu bulat
6. Kemajuan teknologi dalam bidang navigasi pelayaran yakni dengan ditemukannya kompas
7. Terinspirasi oleh penjelajahan samudera yang sudah dilakukan sebelumnya salah satunya kisah perjalanan dari Marcopolo.

Sehingga, daya tarik yang mendorong kedatangan bangsa barat ke Indonesia adalah sumber dari rempah-rempah, sedangkan faktor pendorongnya adalah keinginan mencari 3G, jatuhnya konstatinopel ke tangan Turki Utsamani, dan sebagainya.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment