Demokrasi Era Reformasi Membuka Semua Lapisan Masyarakat Untuk Ikut Peran Aktif Dalam Mengawal Jalannya Pemerintahan Pusat Sampai Daerah, Akan Tetapi Salah Satu Penyebab Munculnya Apatisme Masyarakat Dalam Pilihan Pusat Atau Kepala Daerah Adalah…

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Demokrasi era Reformasi membuka semua lapisan masyarakat untuk ikut peran aktif dalam mengawal jalannya pemerintahan pusat sampai daerah, akan tetapi salah satu penyebab munculnya apatisme masyarakat dalam pilihan pusat atau kepala daerah adalah…
a. masyarakat mengalami pengekangan aspirasi yang tidak sesuai dengan hati nurani
b. calon dalam pilihan umum tersebut tidak berkualitas untuk menggambarkan pengembangan diri
c. perhatian masyarakat bukan pada pemilihan umum tapi untuk pemenuhan kebutuhan pokok
d. KPUD tidak siap menyelenggarakan pemilihan umum karena geografis Indonesia yang terpisah-pisah
e. pemilihan umum tidak penting bagi kehidupan masyarakat karena sarat akan kepentingan golongan

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah C. perhatian masyarakat bukan pada pemilihan umum tapi untuk pemenuhan kebutuhan pokok.

Penjelasan:

Dalam sejarah Indonesia, konsep Reformasi sangat melekat pada sebuah peristiwa demonstrasi mahasiswa pada tahun 1998. Peristiwa tersebut dilatarbelakangi oleh krisis multidimensi akibat kebijakan-kebijakan pemerintahan orde baru selama periode pemerintahan dari Soeharto. Tujuan adanya reformasi adalah memperbaharui tatanan kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara agar sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dalam segala aspek kehidupan. Adapun tujuan dari reformasi bidang politik antara lain adalah demokratisasi, kebebasan berserikat, berkumpul dan kebebasan politik rakyat yang lebih besar.

Salah satu bentuk dari adanya Reformasi ialah, dengan terbukanya keikutsertaan rakyat dalam mengawal jalannya pemerintah pusat hingga daerah. Namun apatisme muncul seiring dengan adanya reformasi ini terutama dalam pemilihan pusat atau kepala daerah. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingkah laku dari para pemimpin yang kerap melakukan KKN yang secara keseluruhan membuat rakyat kecewa. Perhatian rakyat terutama masyarakat kecil tidak hanya dalam pemilihan umum namun pemenuhan kebutuhan hidup.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment