Deskripsikan Tentang Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Deskripsikan tentang persebaran nenek moyang bangsa Indonesia!

Jawaban:

Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, China Selatan. Proses kedatangan mereka dibagi ke dalam dua gelombang, yang pertama Proto Melayu (Melayu Tua) dan gelombang kedua Deutro Melayu (Melayu Muda).

Penjelasan:

Dari penelusuran sejarah, diketahui bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, China Selatan. Proses kedatangan mereka dibagi ke dalam dua gelombang, yang pertama disebut Proto Melayu (Melayu Tua). Sedangkan proses kedatangan nenek moyang Indonesia dalam gelombang kedua disebut Deutro Melayu (Melayu Muda).

1. Proto Melayu (Bangsa Melayu Tua)
Bangsa Melayu Tua adalah orang-orang Austronesia dari Asia yang pertama kali datang ke nusantara pada sekitar tahun 1500 SM. Bangsa Melayu Tua memasuki wuilayah nusantara melalui du jalur, yaitu: a. Jalur Barat melalui malaysia –Sumatera b. Jalur Utara atau Timur melalui Fhilipina – Sulawesi. Bangsa Melayu Tua memiliki kebudayaan yang lebih tinggi dari pada manusia purba.Kebudayaan bangsa Melayu Tua disebut kebudayaan batu baru atau neolithikum. Meskipun hampir semua peralatan merek terbuat dari batu. Pembuatannya sudah dihaluskan.

2. Deutero Melayu (Bangsa Melayu Muda)
Pada kurun waktu tahun 400-300 SM adalah gelombang ke dua nenek moyang bangsa Indonesia dating ke nusantara. Bangsa melayu muda ( Deutero Melayu ) berhasil mendesak dan berasimilsasi dengan pendahulunya, bangsa proto melayu. Bangsa deuteron Melayu memasuki wilayah nusantara melalui jalur Barat mereka menempuh rute dari Yunan ( Teluk Tonkin ), Vietnam, semenanjung Malaysia, dan akhirnya sampai di Nusantara.Bangsa Deutero Melayu memiliki kebudayaan yang lebih maju dibandingkan bangsa Proto Melayu karena mereka telah dapat membuat barang-barang dari perunggu dan besi. Hasil budayanya yang terkenal adalah kapak corong, kapak serpatu, dan nekara

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment