Di Bawah Ini Merupakan Ancaman Bagi Integrasi Nasional Terhadap Sosial Budaya:

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

di bawah ini merupakan ancaman bagi integrasi nasional terhadap sosial budaya:
1. munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu mengkonsumsi barang-barang dari luar negeri.
2. munculnya sifat hedonisme,
3. adanya rasa toleransi.
4. munculnya sikap cinta produk dalam negeri.
5. semakin memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian dan kesetiakawanan sosial.
6. semakin meningkatnya nilai keagamaan di masyarakat
yang termasuk dalam ancaman bagi integrasi nasioanal adalah..

Jawaban:

Jawabannya adalah 1), 2) dan 5).

Penjelasan:

Integrasi nasional adalah suatu hal yang mempersatukan segala perbedaan dalam masyarakat dan menjadikan satu keutuhan yang tidak terpisahkan. Menyatukan berbagai kelompok kecil dan menyatukan sebagai satu kesatuan bangsa.

Ancaman terhadap integrasi nasional di bidang sosial budaya yang berasal dari dalam adalah separatisme, terorisme, kekerasan, dan bencana akibat perbuatan manusia. Hal ini biasanya dipicu oleh isu kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, dan ketidakadilan. Sedangkan, ancaman di bidang sosial budaya dari luar timbul sebagai akibat pengaruh negatif globalisasi, yaitu:

• Munculnya gaya hidup konsumtif yang selalu mengonsumsi produk luar negeri.

• Munculnya sifat hedonisme, yaitu kenikmatan pribadi dianggap sebagai suatu nilai hidup tertinggi. Hal ini membuat manusia memaksakan diri untuk mencapai kepuasan dan kenikmatan pribadinya meski melanggar norma yang berlaku di masyarakat.

• Munculnya sikap individualisme yang selalu mementingkan diri sendiri dan memandang orang lain tidak bermakna. Sikap ini bisa menimbulkan ketidakpedulian terhadap orang lain.

• Munculnya gejala westernisasi di mana masyarakat berorientasi pada budaya barat tanpa diseleksi terlebih dahulu. Salah satunya menggunakan model pakaian terbuka yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

• Memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial.

• Lunturnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dengan demikian, munculnya gaya hidup konsumtif dan selalu mengkonsumsi barang-barang dari luar negeri, munculnya sifat hedonisme dan semakin memudarnya semangat gotong royong, solidaritas, kepedulian dan kesetiakawanan sosial.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment