Di Suatu Daerah, Masyarakatnya Memiliki Kebiasaan Tidak Baik. Sampah Dibuang Sembarangan, Saluran Air Tersumbat, Sering Banjir, Dan Terkesan Kumuh. Pemerintah Daerah Setempat Meminta Peneliti Untuk Melakukan Kajian Bagaimana Strategi Yang Harus Ditempuh Agar Masyarakat Memiliki Kesadaran Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan. Strategi Ini Akan Dituangkan Dalam Prioritas Program Kerja Pemerintah Daerah.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Di suatu daerah, masyarakatnya memiliki kebiasaan tidak baik. Sampah dibuang sembarangan, saluran air tersumbat, sering banjir, dan terkesan kumuh. Pemerintah daerah setempat meminta peneliti untuk melakukan kajian bagaimana strategi yang harus ditempuh agar masyarakat memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Strategi ini akan dituangkan dalam prioritas program kerja pemerintah daerah.
Fungsi sosiologi dalam menangani masalah tersebut adalah ….

Jawaban:

Berdasarkan ilustrasi pada soal, fungsi sosiologi dalam menangani masalah tersebut yaitu fungsi sosiologi dalam pemecahan masalah sosial.

Ilustrasi ini menjelaskan bahwa pemerintah berupaya untuk memecahkan masalah pada suatu daerah yang masyarakatnya memiliki kebiasaan tidak baik. Sampah dibuang sembarangan, saluran air tersumbat, sering banjir, dan terkesan kumuh. Untuk menanggulanginya pemerintah daerah meminta peneliti melakukan kajian terkait dengan strategi yang harus ditempuh agar masyarakat memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Peran ilmu sosiologi dalam hal ini yaitu memberikan informasi dan saran terkait dengan masalah sosial yang sedang dihadapi, guna memudahkan analisis dan menentukan pemecahan masalah yang sesuai.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment