Di Suatu Kota Besar Hidup Seorang Pengusaha Kaya Yang Mempunyai Banyak Pabrik Dan Karyawan. Di Kota Tersebut Ia Dikenal Sebagai Orang Kaya Dan Termasuk Kategori Kelas Sosial Atas. Jika Kita Menggunakan Konsep Karl Marx, Maka Pengusaha Itu Disebut ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Di suatu kota besar hidup seorang pengusaha kaya yang mempunyai banyak pabrik dan karyawan. Di kota tersebut ia dikenal sebagai orang kaya dan termasuk kategori kelas sosial atas. Jika kita menggunakan konsep Karl Marx, maka pengusaha itu disebut ….
a. Kelompok proletar
b. Kelompok selebriti
c. Kelompok primer
d. Kelompok borjouis
e. Kelompok sekunder

Jawaban:

Jawabannya adalah D. Kelompok Borjuis

Penjelasan:

Karl Marx membagi masyarakat menjadi dua kelompok besar yaitu:
1) Kaum borjuis. Kelompok ini terdiri dari orang-orang kaya atau orang yang menduduki lapisan sosial atas. Mereka adalah kelompok atau golongan orang-orang yang menguasai sumber produksi.
2) Kaum proletar. Mereka terdiri dari orang-orang miskin. Kebanyakan yang tidak menguasai sumber produksi. Kaum proletar menjadi objek eksploitasi kaum borjuis. Dan dalam sejarah yang terjadi adalah pertentangan antarkelas. Dan dimenangkan oleh kaum proletar sehingga tercipta masyarakat yang tanpa kelas. Orang kaya atau orang yang menduduki kelas sosial atas, oleh Karl Marx, disebut sebagai kaum atau kelompok borjuis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. Kelompok Borjuis.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment