Diantara Beberapa Teori Dan Hipotesis Para Ahli Tentang Proses Masuknya Pengaruh Hindu Ke Indonesia Teori Yang Paling Mendekati Kebenaran Adalah Teori… A. Sudra B. Brahmana C. Kesatria D. Arus Balik E. Waisya

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

diantara beberapa teori dan hipotesis para ahli tentang proses masuknya pengaruh Hindu ke Indonesia teori yang paling mendekati kebenaran adalah teori… a. sudra b. brahmana c. kesatria d. arus balik e. waisya

Jawaban:

Untuk teori yang paling mendekati tergantung pada pemikiran masing-masing pembelajar karena semua teori memiliki bukti dan penguatan masing-masing.

Untuk lebih jelas mengenai teori yang paling mendekati masuknya Hindu-Buddha ke Nusantara, yukk pahami dahulu kelebihan dan kekurangan teori masuknya kebudayaan Hindu-Buddha.

A. Teori Brahmana
Kelebihan dari teori ini adalah pengetahuan akan ajaran Hindu memang hanya dimiliki oleh para Brahmana sehingga merekalah yang memiliki hak dan kemampuan untuk menyebarkannya. Namun, berdasarkan aturan Hindu kuno yang ada di India menyampaikan bahwa Brahmana dilarang untuk menyeberangi lautan.
B. Teori Waisya
Kelebihan dari teori ini adalah fakta bahwa para pedaganglah yang banyak melakukan interaksi secara langsung dengan warga lokal dan memanfaatkannya untuk menyebarkan pengaruh Hindu-Buddha. Namun, disisi lain pedagang tidak menguasai huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta karena kemampuan ini hanya dimiliki oleh Brahmana.
C. Teori Ksatria
Kelebihan dari teori ini adalah semangat untuk menaklukkan wilayah lain hanya dimiliki oleh kaum ksatria, namun tidak ada bukti tertulis yang menguatkan kedatangan kaum ksatria dari India ke wilayah Indonesia.
D. Teori Arus Balik
Kelebihan teori ini adalah ada bukti dari Prasasti Nalanda yang menyampaikan bahwa Kerajaan Sriwijaya membangun wihara untuk para pelajarnya yang menuntut ilmu di India, lalu para lulusan ini menyebarkan pengaruh India ke penduduk Nusantara. Namun, orang Nusantara masih dianggap pasif untuk belajar agama Hindu-Buddha bahkan sampai ke luar negeri.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment