Dibawah Ini Yang Menunjukkan Perbedaan Kebutuhan Akibat Kondisi Lingkungan Adalah …..

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Dibawah ini yang menunjukkan perbedaan kebutuhan akibat kondisi lingkungan adalah …..
a. seseorang perempuan membutihkan alat kosmetik, sementara laki-laki tidak membutuhkannya
b. sebagian masyarakat pedesaan di kawasan Blora menyelenggarakan acarasedekah bumi menjelang masa panen
c. penduduk daerah pegununganmengenakanjaket tebal, sementara penduduk daerah pesisir mengenakan pakaian daribahankain yang tipis
d. peserta didik SMP memakai sepeda untik bersekolah sedangkan pelajar SMA mengendarai motor

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah c. penduduk daerah pegununganmengenakanjaket tebal, sementara penduduk daerah pesisir mengenakan pakaian daribahankain yang tipis.

Penjelasan:

Permintaan seseorang terhadap suatu barang dipengaruhi oleh kebutuhan dan keinginannya. Kebutuhan terhadap suatu barang dipengaruhi oleh beberapa hal berikut:
1. Pendapatan
Total pendapatan yang dimiliki seseorang mempengaruhi kebutuhan dan keinginan untuk memiliki suatu barang. Semakin tinggi pendapatan maka kebutuhan dan keinginan memiliki barang tertentu semakin meningkat.
2. Status sosial
Status sosial seseorang ditengah masyarakat juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan keinginnya terhadap suatu barang. Contohnya siswa SMA memiliki kebutuhan bahan bacaan yang berbeda dengan mahasiswa.
3. Kondisi lingkungan
Kondisi lingkungan juga mempengaruhi terhadap barang yang dibutuhkan oleh seseorang. Seseorang di daerah pegunungan membutuhkan jaket tebal, sedangkan penduduk di daerah pesisir membutuhkan pakaian tipis karena lingkungannya yang lebih panas dibandingkan daerah pegunungan.

Jadi jawaban yang benar adalah c. penduduk daerah pegununganmengenakanjaket tebal, sementara penduduk daerah pesisir mengenakan pakaian daribahankain yang tipis.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment