Dua Muatan Identik Q Dan Q Mula-mula Terpisah Sejauh X. Energi Potensial Listrik Sistem Dua Muatan Itu V. Kemudian, Kedua Muatan Itu Digeser Sating Menjauh Sehingga Jarak Antara Keduanya Menjadi 2x. Kedua Muatan Itu Digeser Lagi Sehinggajarak Antara Keduanya Menjadi 0,5x. Usaha Gaya Coulomb Pada Kedua Perpindahan Tersebut Sama Besar.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Dua muatan identik q dan Q mula-mula terpisah sejauh x. Energi potensial listrik sistem dua muatan itu V. Kemudian, kedua muatan itu digeser sating menjauh sehingga jarak antara keduanya menjadi 2x. Kedua muatan itu digeser lagi sehinggajarak antara keduanya menjadi 0,5x. Usaha gaya Coulomb pada kedua perpindahan tersebut sama besar.
SEBAB
Usaha gaya Coulomb sama dengan perubahan energi potensial listrik.

Jawaban:

Jawaban : Pernyataan salah dan Alasan benar

Penjelasan:

Pernyataan : Salah
Energi potensial berbanding terbalik dengan jarak antara dua buah muatan. Saat terpisah sejauh x, besar energi potensialnya adalah V. Sehingga saat jarak kedua muatan adalah 2x, besar energi potensialnya adalah V/2 dan saat jarak antara dua muatan adalah 0,5x, besar energi potensialnya adalah 2V.
Usaha = perubahan energi potensial
Usaha 1 = Ep2 – Ep1
Usaha 1 = V/2 – V
Usaha 1 = – V/2

Usaha 2 = Ep2 – Ep1
Usaha 2 = 2V – V/2
Usaha 2 = 3V/2

Alasan : Benar
Usaha sama dengan perubahan energi, sehingga usaha gaya Coulomb sama dengan perubahan energi potensial listrik.

Dengan demikian : Pernyataan salah dan Alasan benar
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment