Erupsi Gunung Api Akan Berdampak Bagi Kehidupan Di Permukaan Bumi, Salah Satunya Erupsi Gunung Api Mengeluarkan Materil Materil Kepermukaan Bumi, Dengan Begitu Erupsi Akan Berdaya Guna Bagi Mata Pencaharian Penduduk Sekitar Lereng Tersebut Yaitu….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

erupsi gunung api akan berdampak bagi kehidupan di permukaan bumi, salah satunya erupsi gunung api mengeluarkan materil materil kepermukaan bumi, dengan begitu erupsi akan berdaya guna bagi mata pencaharian penduduk sekitar lereng tersebut yaitu….
a. meningkatkan produktivitas pertanian
b. meningkatkan daya tarik wisata
c. membuka wilayah tambang baru
d. meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana
e. membuka lapangan pekerjaan yang baru

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah A.

Erupsi gunung api merupakan peristiwa keluarnya magma dari dalam bumi menuju permukaan bumi. Erupsi gunung api memiliki dampak positif dan negatif bagi masyarakat dan lingkungan. Dampak positif dari erupsi gunung api, yaitu tanah menjadi subur akibat adanya material vulkanik berupa pasir sehingga cocok digunakan untuk pertanian. Selain itu, pasca erupsi akan menyebabkan munculnya sumber mata air panas, mineral, dan gas (misalnya belerang) yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat. Erupsi gunung api juga menghasilkan energi panas bumi sehingga dapat dijadikan sebagai pembangkit listrik tenaga vulkanik.

Jadi, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment