faktor-faktor yang mempengaruhi etos kerja

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

faktor-faktor yang mempengaruhi etos kerja

Jawaban:

faktor budaya, sosial politik, pendidikan, agama, kondisi geografis, struktur ekonomi, motivasi pribadi.

Penjelasan:

Etos kerja merupakan seperangkat perilaku positif dan fondasi yang mencakup motivasi yang menggerakkan mereka, karakteristik utama, spirit dasar, pikiran dasar, kode etik, kode moral, kode perilaku, sikap-sikap, aspirasi, keyakinan-keyakinan, prinsip-prinsip, dan standar-standar (Sinamo, Darodjat ; 2015:77).
Secara sederhananya, paragraf di atas mengartikan bahwa etos kerja merupakan cerminan kedisiplinan, semangat dan produktivitas milik seseorang. Etos kerja dapat ditumbuhkan melalui beberapa hal, antara lain tepat waktu, disiplin, tanggung jawab, optimis, dan fokus pada apa yang dikerjakan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi etos kerja antara lain :
1. Budaya
Faktor pertama yang mampu mempengaruhi etos kerja adalah budaya.
Pengaruh budaya memang sangat besar dalam memberikan pengaruh disiplin dan teratur. Selain itu, budaya dalam etos kerja dapat mempengaruhi gambaran sikap mental, disiplin, tekad, dan semangat kerja orang-orang di sana.
2. Sosial Politik
Sosial politik memang mempengaruhi kinerja masyarakat. Dengan unsur politik dan sosial di dalamnya, maka setiap orang selalu berusaha memberikan usaha terbaik untuk menikmati hasil pekerjaan.
3. Pendidikan
Pada dasarnya, etos kerja sangat bergantung dengan kualitas dan tingkat pendidikan dari para karyawan. Ketika kualitas pendidikan yang diterima semakin tinggi, maka semakin baik pula etos kerja yang diberikan. Usaha yang diberikan menjadi semakin maksimal, sehingga hasil pekerjaannya pun menjadi lebih baik lagi.
4. Agama
Agama menjadi sistem nilai tersendiri yang mampu memberikan pengaruh pola hidup bagi para penganutnya. Dengan mempelajari agama, maka individu dapat mengerti cara bersikap, berpikir, dan bertindak sesuai dengan ajaran yang telah diserap sebelumnya.
5. Kondisi Geografis/Lingkungan
Kondisi lingkungan dan letak geografis tempat tinggal mampu memberikan pengaruh kepada manusia dalam melakukan berbagai usaha agar mampu mengelola serta mengambil manfaatnya.
Semakin mampu mengambil manfaat dari lingkungan tempat tinggal, maka ada etos kerja yang besar di sana.
6. Struktur Ekonomi
Tidak dapat dimungkiri bahwa struktur ekonomi memang memberikan pengaruh terhadap etos kerja.
Ketika Anda lahir di dalam keluarga dan lingkungan yang memang sudah bekerja keras dari awal, dari sana akan tertanam etos kerja yang baik.
7. Motivasi Pribadi
Setiap orang memiliki motivasi pribadi yang tentunya berbeda-beda. Individu yang memiliki motivasi lebih tinggi akan mempunyai etos kerja tinggi juga. Begitu juga sebaliknya.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah budaya, sosial politik, pendidikan, agama, kondisi geografis, struktur ekonomi, motivasi pribadi.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment