faktor yang menentukan kualitas air sungai di bagian hulu dan bagian hilir adalah?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

faktor yang menentukan kualitas air sungai di bagian hulu dan bagian hilir adalah?
(A) curah hujan.
(B) jenis tanah
(C) jenis batuan.
(D) luas daerah aliran.
(E) penggunaan lahan.

Jawaban:

(E) penggunaan lahan.

Penjelasan:

Hulu sungai merupakan lokasi awal munculnya aliran sungai. Hulu sungai biasanya terdapat di daerah pegunungan maupun perbukitan, karena di daerah tersebut terdapat banyak mata air. Air sungai pada daerah hulu cenderung memiliki kualitas yang baik. Hal ini karena daerah pada daerah pegunungan maupun perbukitan masih banyak terdapat pepohonan, air belum mengalami perjalanan yang jauh, serta jauh dari aktivitas manusia. Sehingga air pada daerah hulu belum banyak terkontaminasi oleh zat-zat lainnya.
Sedangkan sungai bagian hilir merupakan lokasi yang paling dekat dengan muara sungai, yaitu bagian pertemuan antara sungai dengan laut. Kualitas air sungai bagian hilir cenderung kurang baik. Karena air sungai telah mengalami perjalanan panjang hingga sampai ke muara, sehingga telah terkontaminasi dengan zat-zat lainnya. Selain itu daerah hilir sungai identik dengan aktivitas manusia. Terutama aktivitas penggunaan lahan, seperti adanya pemukiman di sekitar hilir sungai. Hal ini menyebabkan bagian hilir sungai digunakan sebagai tempat membuang sampah maupun limbah rumah tangga lainnya. Sehingga mempengaruhi kualitas air sungai pada bagian hilir.
Berdasarkan uraian tersebut dapat diketahui bahwa kualitas air sungai di bagian hilir maupun bagian hulu dipengaruhi oleh adanya penggunaan lahan.

Jadi, faktor yang menentukan kualitas air sungai di bagian hulu dan bagian hilir adalah penggunaan lahan (E).

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment