Fungsi hati yang berkaitan dengan pengeluaran adalah?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Fungsi hati yang berkaitan dengan pengeluaran adalah?

A. Mengubah provitamin A menjadi vitamin A
B. Menimbun gula dalam bentuk glokogen
C. Membongkar jenis protein tertentu
D. Merombak sel darah merah yang rusak menjadi empedu
E. Menghasilkan CO2 dan H2O

Jawaban:

D. Merombak sel darah merah yang rusak menjadi empedu

Penjelasan:

Hati memiliki berbagai fungsi bagi tubuh manusia, terutama fungsi ekskresi dan fungsi pencernaan makanan/racun. Fungsi hati sebagai salah satu organ eksresi antara lain merombak sel darah merah yang sudah tua/rusak, menghasilkan cairan empedu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan menguraikan gas amonia yang berbahaya bagi tubuh menjadi zat yang lebih aman yaitu urea.

Perombakan sel darah merah oleh hati dilakukan dengan cara pemecahan senyawa hemoglobin yang terkandung di sel darah merah menjadi protein globin, dan senyawa hemin. Protein globin lalu akan diuraikan menjadi asam amino yang bisa digunakan untuk membentuk sel darah merah baru. Sementara itu, senyawa hemin (atau heme) akan diubah menjadi biliverdin dan zat besi. Zat besi akan dibawa ke sumsum merah tulang untuk dipakai membentuk hemoglobin baru, sementara biliverdin akan diubah menjadi bilirubin. Bilirubin ini lalu akan ditambahkan oleh hati ke dalam cairan empedu.

Di usus besar, bilirubin kemudian diipisahkan dari komponen cairan empedu lainnya. Bilirubin tersebut lalu akan diproses lebih jauh membentuk sterkobilin dan urobilinogen. Sterkobilin ini diekskresikan bersamaan dengan feses sebagai zat warna feses. Sedangkan urobilinogen selanjutnya dibawa ke ginjal dan diubah menjadi urobilin. Urobilin lalu diekskresikan bersamaan dengan urin sebagai zat warna urin. Kesimpulannya, hati akan merombak sel darah merah yang rusak menjadi empedu, yang kemudian keluar tubuh lewat feses dan urin.

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment