Gempa Susulan Terus Mengguncang Lombok Dan Sekitarnya. Hingga Senin (6/8), Sudah Terjadi 132 Gempa Susulan. Namun, Dari Sejumlah Gempa Itu, Hanya 13 Kali Yang Dirasakan. Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (bmkg) Menyebutkan, Jumlah Gempa Susulan Itu Tercatat Hingga 08.00 Wib. Jumlah Gempa Susulan Relatif Terus Berkurang Setelah Guncangan Pertama, Minggu (5/8) Malam.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Gempa susulan terus mengguncang Lombok dan sekitarnya. Hingga Senin (6/8), sudah terjadi 132 gempa susulan. Namun, dari sejumlah gempa itu, hanya 13 kali yang dirasakan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, jumlah gempa susulan itu tercatat hingga 08.00 WIB. Jumlah gempa susulan relatif terus berkurang setelah guncangan pertama, Minggu (5/8) malam.

Frekuensi gempa susulan mulai berkurang pada Senin (6/8) sekitar 02.00 WIB. Guncangan terjadi kurang dari 10 kali dalam satu jam sejak waktu itu. Hanya dari 03.00 WIB hingga 04.00 WIB yang tercatat 11 kali gempa susulan. Gempa merusak kembali terjadi di Lombok dan sekitarnya pada Minggu (5/8) dengan kekuatan 7 magnitudo. Seminggu sebelumnya; Lombok juga diguncang gempa 6,4 magnitudo.

Akibat gempa tersebut, sejumlah bangunan rusak parah di Lombok hingga Mataram. Kerusakan bangunan juga terjadi di Bali, meski tidak separah di Lombok

Berdasarkan gam bar grafik frekuensi gempa susulan, pernyataan yang benar adalah …
(A) Frekuensi gempa susulan cenderung menurun.
(B) Frekuensi gempa susulan tertinggi terjadi pada 5 Agustus.
(C) Frekuensi gempa susulan terendah terjadi pada 5 Agustus.
(D) Frekuensi gempa susulan cenderung naik.
(E) Jumlah frekuensi gempa yang terjadi adalah 145 kali.

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Penjelasan:

Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik merupakan pernyataan yang memiliki makna yang sama dengan grafik atau terdapat di dalam grafik. Kesamaan tersebut terdapat baik secara tersirat maupun tersurat bergantung dari makna antarbagian atau keseluruhan bagian yang dihasilkan. Kesesuaian pernyataan dapat ditentukan dengan membandingkan antara opsi dan tabel yang tertera.

Grafik tersebut membahas mengenai frekuensi gempa bumi susulan. Pernyataan yang sesuai dengan grafik tersebut adalah “Frekuensi gempa susulan cenderung menurun.” Pernyataan tersebut sesuai dengan tren yang terdapat pada grafik gempa susulan mulai berkurang pada hari Senin sekitar 02.00 WIB.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment