Globalisasi Adalah Sebuah Mitos Semata Atau, Apabila Memang Ada, Terlalu Dibesar-besarkan. Mereka Merujuk Bahwa Kapitalisme Telah Menjadi Sebuah Fenomena · Internasional Selama Ratusan Tahun. Hal Tersebut Merupakan Pendapat Dari . . . .

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Globalisasi adalah sebuah mitos semata atau, apabila memang ada, terlalu dibesar-besarkan. Mereka merujuk bahwa kapitalisme telah menjadi sebuah fenomena · internasional selama ratusan tahun. Hal tersebut merupakan pendapat dari . . . .
A . para tradisionalis
B. para globalis
C. para transformasionalis
D. para culturalis

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah A . para tradisionalis.

Penjelasan:

Globalisasi secara umum adalah proses tersebar luasnya pengaruh ilmu pengetahuan, pola pikir, bahkan kebudayaan yang ada di setiap penjuru dunia.

Para ahli juga memiliki definisi tersendiri mengenai globalisasi, seperti Cochrane dan Pain. Menurut mereka pemeran utama penting dalam globalisasi yaitu para globalis, para tradisionalis, dan para transformalis.

1. Para globalis
Para globalis sendiri masih terbagi menjadi globalis positif dan negatif (pesimis). Para globalis positif berpendapat globalisasi bisa menjadikan masyarakat dunia memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan toleran terhadap budaya dari luar. Sedangkan, globalis negatif menganggap globalisasi merupakan fenomena sebagai bentuk penjajahan barat yang memaksa sejumlah bentuk budaya dan konsumsi yang homogen dan terlihat sebagai sesuatu yang benar dipermukaan.
2. Para tradisionalis
Mereka menganggap bahwa proses globalisasi yang saat ini terjadi adalah dampak dari perubahan yang sudah terjadi sejak zaman dulu dan merupakan sebuah mitos semata yang merujuk bahwa kapitalisme telah menjadi sebuah fenomena internasional selama ratusan tahun.
3. Para transformalis
Para transformalis berada diantara globalis dan tradisionalis, yang menganggap bahwa Globalisasi memang sedang terjadi saat ini namun terlalu dilebih-lebihkan.

Jadi, Globalisasi adalah sebuah mitos semata atau, apabila memang ada, terlalu dibesar-besarkan. Mereka merujuk bahwa kapitalisme telah menjadi sebuah fenomena internasional selama ratusan tahun. Hal tersebut merupakan pendapat dari A . para tradisionalis.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment