grand canyon terbentuk dari apa?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

grand canyon terbentuk dari apa?

Jawaban:

grand canyon terbentuk dari pegunungan purba yang mengalami perubahan bentuk akibat adanya pengangkatan Dataran Tinggi Colorado dan pengikisan Sungai Colorado hingga membentuk ngarai yang besar.

Penjelasan:

Grand Canyon merupakan kawasan taman nasional yang terletak di antara Coconico dan Yavapai, yang masuk dalam wilayah Negara Bagian Arizona, Amerika Serikat. Grand Canyon memiliki lebar mencapai 29 km, panjang mencapai 450 km, dan kedalaman mencapai 1,6 km.
Grand Canyon terbentuk akibat adanya gerak konvergen antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Amerika Utara yang membentuk pegunungan purba raksasa. Akibat perubahan iklim yang terjadi sekitar 1,7 miliar tahun lalu, air laut mengalami kenaikan dan menyebabkan pegunungan tersebut tenggelam dan ketika air laut surut pegunungan tersebut muncul kembali. Proses selanjutnya disebabkan oleh terangkatnya Dataran Tinggi Colorado yang menyebabkan aliran Sungai Colorado memotong Dataran Tinggi Colorado, melewati Grand Canyon. Tebing-tebing Grand Canyon terbentuk akibat erosi terus-menerus dari Sungai Colorado yang mengalir di dalamnya hingga membentuk ngarai.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment