Hewan Karnivora Memiliki Gunting Yang Berfungsi Untuk… Mangsanya

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

hewan karnivora memiliki gunting yang berfungsi untuk… mangsanya

Jawaban:

Hewan karnivora memiliki gigi geraham gunting yang berfungsi untuk memotong urat/daging keras, menyobek, dan mengiris daging mangsanya.

Secara umum, karnivora adalah sebutan untuk hewan pemakan daging. Hewan karnivora ada yang hidup di daratan maupun perairan. Contoh karnivora yang hidup di darat adalah anjing, harimau, singa, ular, dan beruang. Sedangkan contoh karnivora yang hidup di lautan adalah hiu dan ikan piranha. Sebagian besar karnivora berasal dari kelas mamalia contohnya anjing, beruang, singa, dan harimau. Namun ada juga karnivora dari golongan reptilia seperti ular, buaya, dan komodo, serta ada pula karnivora dari golongan burung contohnya burung elang.

Hewan karnivora memiliki gigi seri, gigi taring dan gigi geraham. Sebagian besar karnivora dilengkapi dengan gigi karnasial atau geraham gunting yang berfungsi untuk memotong urat/daging keras, menyobek dan mengiris-iris daging. Gigi ini dibentuk oleh geraham atas keempat dan geraham bawah pertama. Gigi geraham karnasial disebut geraham gunting karena memiliki bentuk dengan sisi rahang ujung gigi saling bertemu seperti pisau gunting.

Kucing, hyena dan cerpelai telah memiliki gigi karnasial (geraham gunting) yang berkembang dengan baik. Namun, gigi karnasial pada beruang dan rakun tidak berkembang dengan baik atau tidak mengalami modifikasi.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment