Hujan Turun Dengan Lebat. Banyak Daun Dan Ranting Pohon Berguguran Di Halaman Rumah. Keesokan Harinya, Pak Iiham Mengajak Seluruh Anggota Keluarga Membersihkan Halaman. Pak Iiham Memotong Dahan Yang Patah. Bu Ratna Menyapu Daun Dan Ranting Yang Berguguran. Beni Dan Dinda Mengumpulkan Ranting-ranting Pohon Ke Dalam Karung. Dinda Merasa Ieiah Sehingga Meminta Izin Untuk Beristirahat. Lbu Ratna Mengucapkan Terima Kasih Kepada Dinda, Kemudian Mengizinkannya Untuk Beristirahat. Akan Tetapi, Beni Meminta Dinda Untuk Tidak Beristirahat Agar Pekerjaan Mereka Cepat Selesai.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Hujan turun dengan lebat. Banyak daun dan ranting pohon berguguran di halaman rumah. Keesokan harinya, Pak IIham mengajak seluruh anggota keluarga membersihkan halaman. Pak IIham memotong dahan yang patah. Bu Ratna menyapu daun dan ranting yang berguguran. Beni dan Dinda mengumpulkan ranting-ranting pohon ke dalam karung. Dinda merasa Ieiah sehingga meminta izin untuk beristirahat. lbu Ratna mengucapkan terima kasih kepada Dinda, kemudian mengizinkannya untuk beristirahat. Akan tetapi, Beni meminta Dinda untuk tidak beristirahat agar pekerjaan mereka cepat selesai.

Apa kelebihan sikap Bu Ratna?

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah memiliki rasa empati.

Dalam sebuah keluarga,menghargai antar anggota keluarga sangat penting. Berdasar ilustrasi Pak Ilham mengkoordinatori seluruh anggota keluarga untuk bersih-bersih sesuai tugas masing-masing. Akan tetapi Dinda merasa lelah ketika tugasnya belum selesai. Dinda menyampaikan alasanya kepada ibunya ibu Ratna. Ibu Ratnapun mengijinkan. Berarti ibu Ratna mengerti dan menghargai jerih payah Dinda dalam memberi bantuan kepada keluarganya. Dan Ibu Ratna memiliki rasa empati kepada Ratna.

Jadi, jawaban yang tepat adalah memiliki rasa empati.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment