Indonesia Berdasarkan Letak Geografisnya Wilayah Indonesia Dilewati Oleh Dua Gatis Khayal Yaitu Garis Wallece Dan Weber Yang Dapat Menyebabkan Terjadinya Perbedaan Yaitu Daerah Bagian Barat,timur Dan Peralihan.jelaskan Perbedaan Ciri2 Fauna Yang Ada Pada Masing2 Daerah Tersebut Dan Berikan Minimal 2 Cintoh Nama Hewannya!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Indonesia berdasarkan letak geografisnya wilayah Indonesia dilewati oleh dua gatis khayal yaitu garis wallece dan weber yang dapat menyebabkan terjadinya perbedaan yaitu daerah bagian barat,timur dan peralihan.jelaskan perbedaan ciri2 fauna yang ada pada masing2 daerah tersebut dan berikan minimal 2 cintoh nama hewannya!

Jawaban:

Fauna di Indonesia berdasarkan Wallace dan Weber dibagi menjadi 3, yaitu Oriental, Australia, dan Peralihan.

1)Jenis-jenis hewan tipe Oriental ditemukan di Indonesia bagian barat, yaitu Sumatra, Jawa, dan Kalimantan. Hewan tipe oriental memiliki kesamaan dengan hewan yang ditemukan di Asia. Ciri­-ciri tipe oriental adalah merupakan mammalia berukuran besar, tidak ada hewan berkantong, dan burung memiliki warna yang kurang menarik. Contoh hewan tipe oriental adalah gajah dan banteng.

2)Jenis-jenis hewan tipe Australia ditemukan di Indonesia bagian timur, yaitu Papua, Maluku, dan pulau-pulau di sekitarnya. Hewan tipe autralia memiliki kesamaan dengan hewan yang ditemukan di Australia. Ciri­-ciri tipe australia adalah merupakan mammalia berukuran kecil, hewan berkantong, dan burung memiliki warna yang beragam. Contoh hewan tipe australia adalah kangguru dan burung cendrawasih.

3)Hewan peralihan adalah hewan yang memiliki ciri-ciri hewan Oriental dan Australia. Contoh hewan tipe peralihan adalah babirusa dan anoa.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment