Indonesia Kaya Barang Tambang Dan Mineral Yang Dibutuhkan Berbagai Negara. Akan Tetapi Nilai Jual Barang Tambang Dan Mineral Mentah Di Negara Tersebut Tergolong Murah. Keuntungan Lebih Akan Diperoleh Jika Barang Tambang Dan Mineral Tersebut Diolah Terlebih Dahulu. Upaya Pemerintah Untuk Meningkatkan Harga Ekspor Barang Tambang Dan Mineral Indonesia Adalah ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

indonesia kaya barang tambang dan mineral yang dibutuhkan berbagai negara. akan tetapi nilai jual barang tambang dan mineral mentah di negara tersebut tergolong murah. keuntungan lebih akan diperoleh jika barang tambang dan mineral tersebut diolah terlebih dahulu. upaya pemerintah untuk meningkatkan harga ekspor barang tambang dan mineral indonesia adalah ….
a. melarang ekspor barang tambang dan mineral yang belum diolah
b. melarang impr barang tambang dan mineral dari negara lain
c. menaikkan tarif impor barang tambang dan mineral agar harganya semakin mahal
d. melaang ekspor olahan barang tambang dan mineral agr harga jualnya bertambah

Jawaban:

Jawaban: A

Penjelasan:

Pemerintah saat ini berupaya melakukan hilirisasi untuk meningkatkan harga ekspor barang tambang dan mineral Indonesia. Hilirisasi merupakan suatu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan nilai tambah komoditas dari potensi sumber daya alam yang dimiliki. Adanya hilirisasi ini, pemerintah berusahan untuk tidak lagi mengekspor sumber daya alam, dalam hal ini barang tambang dan mineral dalam bentuk mentah, melainkan berupa barang setengah jadi atau barang jadi. Untuk mendukung upaya hilirisasi ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melarang ekspor barang tambang dan mineral yang belum diolah. Dalam pelaksanaannya, pemerintah akan terus mengembangkan penguasaan teknologi dalam industrinya. Harapannya dengan pelarangan ekspor ini dan melakukan hilirisasi dapat meningkatkan harga ekspor barang tambang dan mineral karena barang tersebut sudah memiliki nilai tambah.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. Melarang ekspor barang tambang dan mineral yang belum diolah.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu