Indonesia Merupakan Negara Yang Terkenal Dengan Berbagai Keindahan, Baik Alam, Kebudayaan Maupun Peninggalan Sejarahnya. Banyak Tempat-tempat Wisata Menarik Yang Dapat Dikunjungi Wisatawan Yang Tersebar Di Seluruh Pulau Dan Provinsi Yang Ada Di Indonesia. Selain Itu, Berbagai Seni Lukis Dan Kerajinan Tangan Hasil Karya Penduduk Indonesia Tidak Kalah Menariknya Untuk Dinikmati. Dengan Kondisi Tersebut Indonesia Memiliki Potensi Yang Besar Di Bidang Pariwisata.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan berbagai keindahan, baik alam, kebudayaan maupun peninggalan sejarahnya. Banyak tempat-tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi wisatawan yang tersebar di seluruh pulau dan provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, berbagai seni lukis dan kerajinan tangan hasil karya penduduk Indonesia tidak kalah menariknya untuk dinikmati. Dengan kondisi tersebut Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang pariwisata.

Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia dalam kurun waktu lima tahun terakhir menunjukkan tren meningkat. Jumlah kunjungan wisman selama 2018 merupakan yang tertinggi dalam periode tersebut. Selama 2018, jumlah kunjungan wisman mencapai 15,81 juta kunjungan atau naik 12,61 persen dibanding jumlah kunjungan selama 2017 yang tercatat 14,04 juta kunjungan. Peningkatan pertumbuhan kunjungan wisman pada 2018 ini, diharapkan terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.

Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia selama tahun 2018 didominasi yang datang melalui lima pintu masuk utama, yaitu Bandara Ngurah Rai, Bali sebesar 6,03 juta kunjungan atau 38,11 persen, diikuti Bandara Soekarno-Hatta mencapai 2,81 juta kunjungan atau 17,80 persen, Pintu Masuk Batam 11,94 persen, Pelabuhan Tanjung Uban 3,30 persen, dan Bandara Juanda 2,03 persen. Sementara kedatangan wisman terendah datang melalui Bandara Adi Sumarmo mencapai 155 kunjungan atau 0,001 persen. Jumlah kunjungan wisman dari 5 Pintu Masuk Utama tersebut meliputi 73,18 persen
dari total kedatangan wisman ke Indonesia selama 2018.

Secara keseluruhan, wisman berkebangsaan Tionghoa yang datang melalui Bandara Ngurah Rai, Bali merupakan wisman dengan jumlah kunjungan terbanyak, yaitu sebesar 8,61 persen. Diikuti wisman berkebangsaan Singapura yang datang melalui Pintu Masuk Batam, Kepulauan Riau sebesar 6,51 persen, dan wisman berkebangsaan Tionghoa yang datang melalui Bandara Soekarno Hatta, DKI Jakarta sebesar 2,31 persen.

6. Berdasarkan paragraf 1, mana di bawah ini sebagai potensi wisata Indonesia yang TIDAK BENAR?
A) Keindahan alam.
(B) Keindahan kebudayaan.
(C) Keajaiban dunia.
(D) Seni lukis dan kerajinan
(E) Peninggalan sejarah.

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah C. Keajaiban dunia.

Penjelasan:

Informasi pada teks adalah segala sesuatu yang menjadi isi dan pembahasan pada sebuah teks.

Informasi dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat sehingga letak informasi harus dipahami dengan baik agar pembaca dapat memahami inti pembahasan tanpa mengalami kesalahpahaman.

Langkah-langkah untuk menemukan informasi pada sebuah bacaan adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks dengan saksama.
2. Pahamilah makna setiap kalimat yang ada pada teks.
3. Temukanlah kalimat utama atau gagasan pokok dalam setiap paragraf.
4. Tandailah kata atau kalimat yang mengandung kata kunci.
5. Pahami setiap gambar, grafik, tabel, atau diagram yang menunjang informasi teks.
6. Cocokkan kembali informasi yang didapatkan dengan teks secara keseluruhan.

Pada paragraf (1) dijelaskan bahwa Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan keindahan, baik alam, kebudayaan, maupun peninggalan sejarahnya dan juga banyak tempat-tempat wisata menarik, ditunjukkan pada kalimat berikut:
“Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan berbagai keindahan, baik alam, kebudayaan maupun peninggalan sejarahnya.”

Pada paragraf itu juga dijelaskan bahwa seni lukis dan kerajinan tangan juga menarik untuk dinikmati, ditunjukkan pada kalimat berikut:
“Selain itu, berbagai seni lukis dan kerajinan tangan hasil karya penduduk Indonesia tidak kalah menariknya untuk dinikmati.”

Berdasarkan itu, maka yang bukan merupakan potensi wisata Indonesia adalah keajaiban dunia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Keajaiban dunia.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment