interfase sering disebut sebagai fase istirahat. mengapa? benarkah pengertian tersebut. berilah penjelasan

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

interfase sering disebut sebagai fase istirahat. mengapa? benarkah pengertian tersebut. berilah penjelasan

Jawaban:

Mitosis adalah peristiwa pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak dengan jumlah kromosom yang sama seperti sel induknya. Pembelahan mitosis terbagi menjadi dua tahap yaitu fase interfase dan fase mitotik (profase, metafase, anafase dan telofase).

Interfase ini juga sering disebut dengan persiapan pembelahan atau fase istirahat karena pada interfase, terjadi proses persiapan dan penimbunan energi oleh sel untuk melakukan pembelahan. Tahap interfase terbagi menjadi tiga, yaitu fase G1 (gap pertama), fase S (sintesis), dan fase G2 (gap kedua).

1. Fase G1 disebut juga dengan fase pertumbuhan dan perkembangan sel. Hal ini ditandai dengan berkembangnya sitoplasma (cairan sel), organel sel, serta sintesis bahan-bahan yang akan digunakan untuk fase berikutnya, yaitu fase S.

2. Pada fase S, terjadi replikasi atau duplikasi DNA sebagai materi genetik yang akan diturunkan kepada sel anak, sehingga nantinya akan dihasilkan dua salinan DNA.

3. Fase G2, replikasi DNA telah selesai. Terjadi peningkatan sintesis protein sebagai tahap akhir persiapan sel untuk melakukan pembelahan.

Jadi, fase interfase disebut fase istirahat karena pada interfase, terjadi proses persiapan dan penimbunan energi oleh sel untuk melakukan pembelahan.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment