Isi Surat Berisi Inti Atau Tujuan Dibuatnya Surat. Meskipun Yabg Abda Tulis Ialah Surat Pribadi, Bagian Ini Tetap Harus Abda Tulis Jelas Dan Mudah Dimengerti, Jelaskan Mengapa

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

isi surat berisi inti atau tujuan dibuatnya surat. meskipun yabg abda tulis ialah surat pribadi, bagian ini tetap harus abda tulis jelas dan mudah dimengerti, jelaskan mengapa

Jawaban:

Isi surat merupakan bagian surat yang berisi inti atau tujuan yang ingin disampaikan penulis sehingga wajib ada dalam surat, baik surat resmi maupun surat tidak resmi.

Penjelasan:

Surat adalah alat komunikasi tertulis yang digunakan untuk urusan pribadi ataupun instansi/lembaga. Surat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu surat resmi dan surat tidak resmi.

Surat resmi adalah jenis surat yang dibuat oleh pribadi, instansi/lembaga, atau organisasi untuk urusan resmi atau formal. Contoh surat resmi adalah surat lamaran kerja, surat undangan, surat dinas, dan sebagainya.

Bagian-bagian surat resmi, yaitu:
a) kepala surat berisi identitas pengirim,
b) titimangsa merupakan waktu pembuatan surat,
c) nomor surat, perihal, dan lampiran,
d) alamat tujuan merupakan tujuan surat dikirim,
e) salam pembuka merupakan salam sapaan di awal surat,
f) isi surat merupakan bagian inti surat yang terdiri dari pembuka surat, inti surat, dan penutup surat,
g) salam penutup merupakan salam sapaan di akhir surat, dan
h) tanda tangan dan nama pengirim.

Surat pribadi merupakan jenis surat nonresmi yang berisi masalah pribadi. Penyusunan surat pribadi menggunakan bahasa formal. Surat pribadi digunakan untuk menyampaikan kabar ke orang terdekat secara tertulis.

Bagian-bagian surat pribadi, yaitu:
a) titimangsa merupakan waktu pembuatan surat,,
b) salam pembuka merupakan salam sapaan di awal surat,
c) isi surat merupakan bagian inti surat yang terdiri dari pembuka surat, inti surat, dan penutup surat,
d) salam penutup merupakan salam sapaan di akhir surat, dan
e) tanda tangan dan nama pengirim.

Berdasarkan penjelasan, isi surat merupakan bagian surat yang berisi inti atau tujuan yang ingin disampaikan penulis sehingga wajib ada dalam surat, baik surat resmi maupun surat tidak resmi. Hal tersebut karena isi surat terdiri dari pembuka surat, inti surat, dan penutup surat terkait informasi yang ingin disampaikan oleh pengirim surat.

Dengan demikian, isi surat merupakan bagian surat yang berisi inti atau tujuan yang ingin disampaikan penulis sehingga wajib ada dalam surat, baik surat resmi maupun surat tidak resmi.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment