jelas kan riwayat hidup Luqman yang kamu ketahui?

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

jelaskan riwayat hidup Luqman yang kamu ketahui?

Jawaban:

Luqman Al-Hakim adalah orang yang disebut dalam Al-Qur’an dalam surah Luqman, yang terkenal karena nasihat-nasihatnya kepada anaknya. Luqman adalah seorang tukang kayu dari Habsyi. Riwayat lain menyebutkan ia berasal dari Sudan. Ada pula yang berpendapat Luqman adalah seorang Hakim pada zaman nabi Daud.

Penjelasan:

Luqman Al Hakim merupakan orang saleh yang dipilih oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam QS. Luqman ayat 12:                                                                                             وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا لُقْمَٰنَ ٱلْحِكْمَةَ أَنِ ٱشْكُرْ لِلَّهِ ۚ وَمَن يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِۦ ۖ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ حَمِيدٌ

Artinya: “Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Luqman: 12)

Luqman Al Hakim adalah salah satu nama orang yang disebut dalam al-Qur`an, ia memiliki keistimewaan yang mendapat anugerah dari Allah Swt, yakni berupa ilmu hikmah. Ilmu sangat berguna bagi kepribadian manusia yang pada gilirannya akan bermanfaat bagi orang di sekitarnya, juga bagi alam semesta.

Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin, Luqman Al Hakim bukanlah orang yang lahir dari kalangan nabi. Ia adalah orang biasa. Akan tetapi, namanya diabadikan menjadi satu surat dalam Al Quran.

Menurut riwayat Abdullah bin Abbas, Luqman Al Hakim adalah seorang pencari kayu bakar di Habsy. Ia tidak terlahir dari kalangan nabi, ulama, maupun kaum terpandang lain. Dalam riwayat lain, dikatakan bahwa Luqman Al Hakim hidup di zaman Nabi Daud AS.

Dengan demikian, maka luqman merupakan orang saleh yang dipilih oleh Allah SWT dalam QS. Luqman ayat 12. ia orang biasa yang bukan terlahir dari kalangan nabi. ia bekerja sebagai pencari kayu bakar di habsy dan ia memiliki keistimewaan dari Allah Swt, yakni berupa ilmu hikmah.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment