Jelaskan 8 sistem produksi tanaman pangan!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Jelaskan 8 sistem produksi tanaman pangan.

Jawaban:

pengelolaan lahan yang baik, pembibitan dan penanaman, proses pemupukan, perawatan tanaman pangan, pengendalian hama, standar panen, perawatan pasca panen, dan re-ulang lahan.

Penjelasan:

Budi daya tanaman pangan adalah upaya untuk menghasilkan makanan dengan cara menanam tanaman layak konsumsi di suatu lahan pertanian. Hasil budi daya tersebut tak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan sendiri, tetapi juga diperdagangkan atau dijual kembali sebagai sumber pendapatan petani.

Dibawah ini teknik budidaya tanaman pangan:
1. Pengelolaan Lahan yang Baik
Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai budidaya tanaman pangan yaitu proses pengolahan lahan dengan cara yang benar. Hal tersebut bertujuan supaya hasil panen memiliki kualitas tinggi. Lahan yang dibutuhkan hampir sama dengan lahan untuk tanaman jagung manis dan yang lainnya.

2. Pembibitan dan Penanaman
Persiapan pembibitan dan penanaman benih. Umumnya, benih tanaman pangan akan ditanam secara langsung tanpa melewati proses penyemaian terlebih dahulu.

3. Proses pemupukan
Pemupukan salah satu proses budidaya tanaman pangan yang paling penting. Sebab hal tersebut sangat bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada pertumbuhan tanaman.

4. Perawatan Tanaman Pangan
Proses perawatan tanaman pangan adalah melakukan penyiraman, pemupukan, penyulaman, dan pembumbunan.

5. Pengendalian Hama
Pengendalian bisa dilakukan secara manual atau juga menggunakan pestisida.

6. Standar Panen
Selain standar pemupukan dan perawatan, dalam melakukan budidaya tanaman pangan juga dibutuhkan standar panen. Hal ini bertujuan agar hasil panen yang Anda dapatkan bisa maksimal dan berkualitas tinggi.

7. Perawatan Pasca Panen
Ketika sudah selesai panen, hasil panen harus disimpan di tempat yang lembab. Namun, untuk tanaman pangan yang membutuhkan penggilingan, dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan mesin pertanian.

8. Reulang lahan
Re-ulang lahan dilakukan agar lahan siap digunakan kembali setelah selesai panen.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment