Jelaskan Dampak Dari Agresi Militer Belanda L

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

jelaskan dampak dari agresi militer belanda l

Jawaban:

Dampak dari Agresi Milter Belanda I diantaranya adalah wilayah Indonesia semakin kecil dan terjadi peristiwa Hijrah TNI Divisi Siliwangi ke Yogyakarta.

Penjelasan:

Pasca agresi militer Belanda I, terjadi kesepakatan damai dalam perundingan Renville antara pemerintah Indonesia dan Belanda pada tahun 1948. Hasil perundingan tersebut sangat merugikan Indonesia, di mana wilayah Indonesia yang diakui Belanda hanya meliputi Pulau Sumatera Yogyakarta dan Madura. Hal itu membuat wilayah Indonesia semakin kecil jika dibandingkan dengan sebelumnya yang meliputi pulau Sumatera, seluruh pulau Jawa dan Madura.

Selain itu dalam perundingan Renville juga, pemerintah Indonesia diharuskan menarik mundur pasukan TNI Divisi Siliwangi dari Jawa Barat ke Yogyakarta, karena Jawa Barat telah menjadi wilayah kekuasaan Belanda pasca agresi. Penarikan pasukan Divisi Siliwangi dari Jawa Barat dilakukan dengan cara long march dari Jawa Barat menuju Yogyakarta, sehingga peristiwa tersebut dikenal dengan peristiwa Hijrah TNI.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment