Jelaskan Dampak Yg Ditimbulkan Dr Perkembangan Iptek Di Bidang Persenjataan

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Jelaskan dampak yg ditimbulkan dr perkembangan iptek di bidang persenjataan

Jawaban:

Dinamika perkembangan teknologi persenjataan beriringan dengan perkembangan peradaban manusia. Prinsip dasar perkembangan senjata adalah manusia selalu menggunakan senjata dalam perang sesuai dengan jamannya. Perkembangan teknologi persenjataan mengalami peningkatan yang signifikan selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Munculnya Revolusi Industri di Eropa menjadi salah satu faktor penting dalam perkembangan senjata masa Perang Dunia. Beberapa teknologi persenjataan yang berkembang saat PD I dan PD II adalah tank, kapal selam, kapal perusak, pesawat pengebom, bom atom, senapan otomatis, dan senaparan jarak jauh. Pada masa Perang Dingin, Uni Soviet dan Amerika Serikat berperang tidak menggunakan senjata api seperti masa PD I dan II. Namun, mereka mengembangkan senjata bom, yang memiliki dampak lebih besar dan luas. Uni Soviet berhasil mengembangkan bom atom bernama RDS-1 dan melakukan uji coba pada 29 Agustus 1949. Selain itu, Uni Soviet juga mengembangkan rudal balistik yang mampu menjelajah antar benua dengan kendali jarak jauh. Percobaan bom atom oleh Uni Soviet membuat Amerika Serikat geram. Pada tahun 1952, Amerika Serikat mencetuskan Manhattan Project yang bertujuan untuk mengembangkan bom hidrogen. Pada perkembangannya, Amerika Serikat juga terus meningkatkan efektivitas senjata pembunuh massal demi kepentingan pertahanan dan keamanan. Bahkan, Amerika Serikat juga mengembangkan rudal balistik jarak jauh untuk mengimbangi kekuatan militer Uni Soviet.
Dampak dari adanya perkembangan teknologi persenjataan diantaranya.
Dampak positif:
1. Peningkatan akurasi dan keandalan teknologi persenjataan dengan rekayasa hardware dan software.
2. Pemerolehan personel militer yang mumpuni yaitu dengan rekrutmen berbasis teknologi informasi.
3. penggunaan program kecerdasan buatan untuk mensimulasikan formasi dan kekuatan musuh memungkinkan serangan menjadi efektif dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.
4. Mencegah terjadinya serangan-serangan dari pihak-pihak yang ingin memecah kesatuan Indonesia dan memecah belah yang menjadi perbedaan dalam kehidupan bernegara.
Dampak negatif:
1. Meningkatnya kriminalitas, karena adanya penyalahgunaan senjata oleh untuk melakukan kejahatan.
2. Berkaitan dengan teknologi senjata pemusnah massal (Weapon of Mass Destruction / WMD) seperti senjata nuklir dan senjata biologi, dikhawatirkan akan menjadi ancaman terbesar bagi suatu negara bila digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
3. Perubahan iklim dan rusaknya ekosistem akibat ujicoba senjata nuklir.

Dengan demikian, dampak positif dari adanya perkembangan teknologi persenjataan adalah semakin mumpuninya anggota militer suatu negara untuk menjaga negaranya masing-masing, dan dampak negatifnya adalah menjadi ancaman bagi negara-negara yang lemah jika suatu saat terjadi peperangan.

Mapel: Sejarah
Kelas: 12 SMA
Topik: Perkembangan IPTEK di Era Globalisasi

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment