Jelaskan Factor-faktor Tenaga Kerja Dan Berikan Contohnya?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Jelaskan factor-faktor tenaga kerja dan berikan contohnya?

Jawaban:

Jawaban:
Faktor tenaga kerja adalah segala jenis faktor produksi yang berperan dalam mengelola sumber daya manusia. Contohnya adalah tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, serta tenaga kerja tak terdidik dan tak terlatih.

Penjelasan:

Faktor tenaga kerja merupakan segala kegiatan manusia yg dicurahkan dalam proses produksi untuk menciptakan atau menambah nilai guna barang atau jasa. Faktor produsi tenaga kerja ini terdiri dari :
– Tenaga kerja terdidik (skilled labour) adalah tenaga kerja yang menerapkan ilmu dari pendidikan formal yang telah ia tempuh. Contohnya adalah : guru, dokter, hakim, konsultan, psikolog, dan sebagainya.
– Tenaga kerja terlatih (trained labour) adalah tenaga kerja yang menerapkan ketrampilan yang telah ia peroleh dari serangkaian pendidikan nonformal yang ia dapatkan. Contoh: sopir, pegawai bengkel (montir), pilot, penjahit, nahkoda, petani dan tentara.
– Tenaga kerja tak terdidik dan tak terlatih adalah tenaga kerja yang bekerja hanya berdasarkan pengalaman yang ia dapatkan keseharian. Contoh: tukang sapu, tukang sampah, pemilah sampah (pemulung), dan kuli bangunan.

Jadi, faktor tenaga kerja adalah segala jenis faktor produksi yang berperan dalam mengelola sumber daya manusia. Contohnya adalah tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, serta tenaga kerja tak terdidik dan tak terlatih.

Semoga bermanfaat
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment