Jelaskan macam-macam sistem distribusi dan berikan contohnya.

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Jelaskan macam-macam sistem distribusi dan berikan contohnya.

Jawaban:

Distribusi adalah kegiatan ekonomi yang tujuannya menyalurkan barang hasil produksi dari produsen ke konsumen. Kegiatan distribusi meliputi perdagangan, pengangkutan, penyimpanan dan seterusnya hingga barang atau jasa tersebut sampai pada konsumen. Berikut jenis-jenis sistem distribusi dan contohnya.

1. Saluran distribusi langsung
adalah saluran distribusi yang dalam proses penyaluran barang dari produsen dilakukan secara langsung ke konsumen. Contohnya, seorang petani menjual barang hasil pertaniannya secara langsung kepada konsumen atau dengan cara mendirikan warung pinggir jalan milik sendiri sehingga harganya lebih murah.

2. Saluran distribusi tidak langsung
adalah saluran distribusi yang dalam proses penyaluran barang dari produsen kepada konsumen dilakukan dengan terlebih dahulu melalui suatu lembaga distribusi seperti distributor, pedagang besar, agen, dan pedagang eceran. Contohnya, petani menjual beras ke pedagang besar, kemudian pedagang besar menjualnya ke pedagang eceran, dan pedagang eceran menjual beras kepada konsumen.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment