Jelaskan Pengertian Fungsi Ekonomi Dan Fungsi Keuangan Dari Pasar

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Jelaskan pengertian fungsi ekonomi dan fungsi keuangan dari pasar
modal!

Jawaban:

Jawaban: fungsi ekonomi (pasar modal menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan) dan fungsi keuangan (pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana).

Penjelasan:

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pasar modal memiliki peran penting dalam perekonomian suatu negara karena pasar modal mempunyai 2 fungsi, yaitu:
– Fungsi ekonomi, yaitu: Pasar modal menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak investor dan pihak yang memerlukan dana.
– Fungsi keuangan, yaitu: Pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih.

Dengan demikian, fungsi ekonomi (pasar modal menyediakan fasilitas atau wahana yang mempertemukan dua kepentingan) dan fungsi keuangan (pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana).

Semoga bermanfaat ya.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment