Jelaskan Pengertian Westernisasi Dan Beri Contohnya !

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Jelaskan pengertian Westernisasi dan beri contohnya !

Jawaban:

Perubahan sosial adalah proses berubahnya tatanan atau struktur dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya. Struktur yang dimaksud ini mencakup pola pikir, sikap, dan nilai-nilai dalam kehidupan sosial. Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat membawa banyak perubahan-perubahan baik dilingkungan masyarakat itu sendiri atau bahkan pada masyarakat itu sendiri. Dalam perubahan sosial membawa banyak sekali gelaja-gala sosial di lingkungan masyarakat, yaitu modernisasi dan westernisasi.

Westernisasi merupakan suatu proses ketika masyarakat berada di dalam pengaruh hingga mengadopsi budaya barat. Westernisasi juga dapat diartikan sebagai suatu tindakan dari individu atau kelompok yang kehilangan jiwa nasionalismenya karena terpengaruh budaya barat dan kemudian meniru serta melakukan aktivitas yang bersifat kebarat-baratan. Westernisasi lebih cenderung kepada proses imitasi bahkan identifikasi budaya barat. Contoh dari westernisasi adalah memiliki gaya hidup konsumerisme, melakukan pergaulan bebas, dan terkikisnya budaya lokal.

Maka, jawaban yang tepat adalah westernisasi merupakan suatu proses ketika masyarakat berada di dalam pengaruh hingga mengadopsi budaya barat. Contoh dari westernisasi adalah memiliki gaya hidup konsumerisme, melakukan pergaulan bebas, dan terkikisnya budaya lokal.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment