jelaskan peran Indonesia di PBB

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

jelaskan peran Indonesia di PBB

Jawaban:

Peran Indonesia dalam PBB, yaitu untuk mewujudkan perdamaian dunia, dibawah naungan PBB Indonesia tergabung dalam beberapa lembaga, yaitu Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC), Organisasi Buruh Internasional (ILO), dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), selain itu sejak lama Indonesia telah mengirimkan pasukan garuda ke wilayah konflik untuk mengembangkan perdamaian. Indonesia juga sebagai pelopor gerakan Non Blok.

Penjelasan:

PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) merupakan sebuah organisasi dunia yang didirikan pada 24 Oktober 1945 dan bertujuan untuk:
1. Menjaga perdamaian dan keamanan dunia.
2. Memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarbangsa melalui penghormatan hak asasi manusia.
3. Membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.
4. Menjadi pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia.
5. Menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

Indonesia sendiri bergabung dengan PBB pada tahun 1950 dan menjadi anggota ke-60, namun sempat keluar pada tahun 1965 dan bergabung kembali pada tahun 1966 pada masa orde baru.

Adapun peran Indonesia dalam PBB, yaitu untuk mewujudkan perdamaian dunia, dibawah naungan PBB Indonesia tergabung dalam beberapa lembaga, yaitu Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC), Organisasi Buruh Internasional (ILO), dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), selain itu sejak lama Indonesia telah mengirimkan pasukan garuda ke wilayah konflik untuk mengembangkan perdamaian. Indonesia juga sebagai pelopor gerakan Non Blok.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment