Jelaskan Peran Pelaku Ekonomi Rumah Tangga Luar Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Jelaskan peran pelaku ekonomi Rumah tangga Luar Negeri pada masa pandemi COVID-19!

Jawaban:

Jawaban: pemberian pinjaman, pemberian bantuan, dan lainnya.

Penjelasan:

Rumah tangga luar negeri memiliki lima peranan penting sebagai pelaku ekonomi terutama pada masa pandemi covid-19, yaitu:
1. Perdagangan
Kegiatan ekspor dan impor menjadi contoh bentuk perdagangan antar negara yang sering dilakukan. Misalnya Indonesia mengekspor produk Indonesia, kemudian masyarakat luar negeri membeli produk tersebut. Begitu pula sebaliknya.

2. Tenaga kerja
Masyarakat luar negeri berperan sebagai tenaga kerja dan kelompok orang yang membutuhkan tenaga kerja. Dalam beberapa sektor, tentunya tenaga ahli dari mancanegara sangat dibutuhkan. Begitu pula sebaliknya, Indonesia juga mengirimkan tenaga kerja ke negara tertentu. Misalnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

3. Penanaman modal
Masyarakat luar negeri menanamkan modal ke sejumlah badan usaha. Hal ini membawa keuntungan bagi Indonesia dan masyarakat. Misalnya badan usaha swasta asing.

4. Pemberian pinjaman
Dalam peristiwa tertentu, masyarakat luar negeri juga memberikan pinjaman kepada negara lainnya. Tentunya ada kriteria khusus yang harus dipenuhi saat pemberian pinjaman. Misalnya pinjaman uang atau peralatan.

5. Pemberian bantuan
Bantuan juga diberikan oleh masyarakat luar negeri dalam kondisi tertentu. Misalnya saat terjadi bencana, masyarakat luar negeri memberikan bantuan.

Dengan demikian, peran pelaku ekonomi Rumah tangga Luar Negeri pada masa pandemi COVID-19 yaitu pemberian pinjaman, pemberian bantuan, dan lainnya.

Semoga bermanfaat ya.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment