Jelaskan Perbedaan Antara Rantai Makanan Dan Jaring Jaring Makanan!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

jelaskan perbedaan antara rantai makanan dan jaring jaring makanan!

Jawaban:

Perbedaan rantai makanan dengan jaring jaring makanan adalah pada rantai makanan organisme hanya memakan satu jenis organisme saja, sedangkan pada jaring-jaring makanan organisme memakan organisme lainnya yang tidak hanya satu jenis saja. Jaring-jaring makanan merupakan kumpulan dari rantai makanan.

Mari kita bahas lebih lanjut yuk!

Rantai makanan merupakan siklus makan dimakan yang terjadi dalam sebuah ekosistem atau lingkungan hidup, sementara jaring-jaring makanan adalah siklus rantai makanan yang terjadi yang saling tumpang tindih dan berhubungan dalam suatu ekosistem. Jenis organisme yang ada dalam rantai makanan dan jaring-jaring makanan yaitu produsen, konsumen dan detritivor atau pengurai.

1. Produsen, yaitu organisme yang dapat membuat makanannya sendiri. Produsen biasanya berupa tanaman.
2. Konsumen I, yaitu organisme yang tidak dapat membuat makanannya sendiri. Konsumen I memperoleh energi dengan cara memakan produsen. Konsumen I adalah golongan herbivoro, contohnya ulat dan belalang.
3. Konsumen II, yaitu organisme yang memperoleh energi dari konsumen I. Organisme yang termasuk ke dalam konsumen II adalah hewan karnivora seperti ular dan katak.
4. Konsumen III dan seterusnya, merupakan organisme yang memperoleh energi dari konsumen II. Konsumen III merupakan organisme karnivora.
5. Detritivor, yaitu organisme yang menguraikan senyawa organik pada sisa-sisa organisme yang telah mati menjadi senyawa anorganik.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment